4 Pelaku Pencabulan dan Perkosaan Divonis Hukuman Berbeda di PN Balige


152 view
Istimewa / Hariansib.com
Pengadilan Negeri (PN) Balige Kabupaten Toba menjatuhkan hukuman berbeda  kepada 4  terdakwa pencabulan dan perkosaan terhadap anak dibawah umur masing - masing 12 tahun, 11 tahun dan 9 tahun penjara pada sidang putusan yang dibacakan Hakim Arief Wibowo, Kamis (29/4).
Toba (SIB) -Pengadilan Negeri (PN) Balige Kabupaten Toba menjatuhkan hukuman berbeda kepada 4 terdakwa pencabulan dan perkosaan terhadap anak dibawah umur masing - masing 12 tahun, 11 tahun dan 9 tahun penjara pada sidang putusan yang dibacakan Hakim Arief Wibowo, Kamis (29/4).

Selain hukuman penjara selama 12 tahun penjara kepada Alfian Sibarani, 11 tahun penjara bagi Rio Nasution dan Ronald Situmeang serta 9 tahun penjara bagi Daniel Hutasoit , keempatnya juga dijatuhi denda masing - masing Rp 1 miliar. Jika denda tersebut tidak dibayar, maka masing - masing terdakwa akan ditambah hukumannya selama 6 bulan.

Dalam amar putusannya yang dibacakan Arief Wibowo, para terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencabulan dan perkosaan terhadap korban warga Kabupaten Toba yang masih di bawah umur.

Kepada para terdakwa juga diwajibkan untuk membayar biaya perkara sebesar Rp 2000. Atas putusan ini, masing - masing pihak diberikan waktu selama 7 hari untuk menyampaikan banding.

Usai mendengarkan putusan ini, ibu dari korban berinisial MS yang mengikuti sidang putusan ini kepada wartawan mengaku kecewa atas putusan yang dijatuhkan hakim kepada terdakwa Daniel Hutasoit. Pasalnya Daniel merupakan orang pertama yang melakukan pencabulan kepada korban dan meninggalkan korban di pinggir jalan.

"Awalnya kami berharap Daniel itu dihukum lebih berat, karena dia yang membawa putri saya dari depan rumah dan meninggalkannya di pinggir jalan. Kalau dia niatnya baik dan diantarkan pulang ke rumah, tentu peristiwa ini tidak akan terjadi kepada putri saya. Saya sangat kecewa," ujarnya sembari berurai air mata.

Senada, Ketua Umum Boru Toba Marsada (Botoma) Rosanna Napitupulu juga menyayangkan rendahnya putusan yang dijatuhkan terhadap Daniel Hutasoit.

"Tentu kita sangat kecewa dengan putusan hakim. Sebagai organisasi pendamping kami berharap JPU melakukan banding khusus untuk vonis terhadap Daniel Hutasoit," paparnya. (G1/c)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:PN Balige
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com