50 Ha Lahan Pertanian di Kecamatan Siantar Marimbun Kekeringan


140 view
50 Ha Lahan Pertanian di Kecamatan Siantar Marimbun Kekeringan
Foto Dok/Rikky
LONGSOR : Petani memperlihatkan saluran irigasi yang longsor di Dusun Sianjur Kelurahan Simarimbun Kecamatan Siantar Marimbun. 

Pematangsiantar (SIB)

Sekira 50 hektare (Ha) lahan pertanian padi sawah di Dusun Sianjur Kelurahan Simarimbun Kecamatan Siantar Marimbun Pematangsiantar kekeringan, karena saluran irigasi yang tak kunjung diperbaiki sejak enam bulan lalu.


Salah seorang petani, Patar Silalahi mengatakan, kerusakan jaringan irigasi yang tak kunjung diperbaiki mengakibatkan lahan pertanian warga yang selama ini ditanami padi, tidak lagi dapat berproduksi seperti biasa karena tidak ada air.


"Sudah banyak hutang kami, karena tidak ada lagi sumber penghidupan, warga di Dusun Sianjur hanya menggantungkan hidup dari hasil sawah selama ini. Namun, karena tidak bisa menanam padi sejak Desember 2021, terpaksa pinjam uang kemana-mana untuk menyambung hidup keluarga," kata Patar kepada sejumlah wartawan, Jumat (20/5).


Menurut Patar Silalahi, para petani sudah menyampaikan keluhan tersebut kepada pihak terkait berulang kali, supaya saluran irigasi yang rusak dapat diperbaiki, sehingga petani bisa kembali normal menanam padi di lahan persawahan masing-masing.


Ketua DPRD Pematangsiantar, Timbul M Lingga SH saat dimintai tanggapan, mendesak instansi terkait untuk segera menindak lanjuti keluhan petani di Kecamatan Siantar Marimbun. (D8/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com