50 Orang WBP Rutan Tarutung Ikuti Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan


247 view
50 Orang WBP Rutan Tarutung Ikuti  Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan
Foto : Dok/ Kepala KPR Rutan Tarutung
Sebanyak 50 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Tarutung mengikuti penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan di Aula Rutan Tarutung. 

Tapanuli Utara (harianSIB.com)

Sebanyak 50 orang WBP Rutan Kelas II B Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara mengikuti kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan HIV/AIDS.

Kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan yang bekerjasama dengan UPT Puskesmas Hutabaginda Tarutung itu dilaksanakan di Aula Rutan Tarutung, Kamis (1/12/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan yakni, penyuluhan dan pemeriksaan HIV/AIDS, skrining TB Paru serta pemeriksaan darah kepada 50 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Rutan Kelas IIB Tarutung, Ismet Sitorus dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan penyuluhan dan skrining ini bertujuan dalam rangka deteksi dini mengantisipasi penyakit HIV/AIDS dan TB Paru terhadap para WBP. Kegiatan skrining ini merupakan kegiatan yang telah terencana sebelumnya.

" Saya mengucapkan terimakasih kepada Tim Kesehatan Rutan Kelas IIB Tarutung dan Puskesmas Hutabaginda yang selama ini terus membantu dalam mendukung perawatan kesehatan WBP Rutan Tarutung, " ujarnya.

Narasumber kegiatan, dr. Rustam Simbolon pada kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa kegiatan ini akan secara rutin dilakukan dalam rangka mendeteksi akan potensi seseorang terinfeksi HIV dan TB Paru di dalam tubuhnya.

" Penyuluhan dan skrining ini perlu dilakukan secara rutin. Baik seseorang yang berisiko maupun tidak agar infeksi HIV dapat dideteksi dan ditangani sejak dini sehingga kami dapat melakukan pemetaan sekaligus melakukan pengobatan agar tidak terjadi penularan kepada orang lain, " jelasnya. (F4)

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com