6 Daerah di Sumut Zona Hijau


183 view
6 Daerah di Sumut Zona Hijau
Ilustrator: Edi Wahyono
Ilustrasi virus Corona
Medan (harianSIB.com)

Kawasan zona hijau risiko Covid-19 mengalami penambahan satu daerah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Dari penelusuran harianSIB.com, Rabu (1/12/2021), berdasarkan data yang disampaikan Satgas Penanganan Covid-19 Pusat melalui website resminya di https://covid19.go.id/peta-risiko, daerah tersebut adalah Labuhanbatu Utara.

Atas penambahan ini, saat ini Provinsi Sumut telah memiliki enam kabupaten/kota yang berstatus zona hijau. Selain Labuhanbatu Utara, juga terdapat Nias Barat, Pakpak Bharat, Nias Utara, Nias Selatan dan Sibolga.

Sementara itu, 27 kabupaten/kota lainnya termasuk Medan masih tetap bertahan di zona kuning (risiko rendah) penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui, penetapan status zonasi risiko daerah tersebut, dihitung berdasarkan sejumlah indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan melalui epidemiologi, seperti penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya sesuai update pertanggal 28 November 2021.

Sedangkan berdasarkan data milik Pemprov Sumut, yang diupdate terakhir tanggal 24 November 2021, jumlah kasus aktif di Kabupaten Labura memang sudah nol. Kemudian untuk jumlah kasus aktif tertinggi berada di Medan dengan 52 orang dan Deliserdang 22 orang. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com