60 Peserta Pilkades Tandatangani Pakta Integritas dan Deklarasi Damai di Dairi


329 view
60 Peserta Pilkades Tandatangani Pakta Integritas dan Deklarasi Damai di Dairi
Foto: SIB/Tulus
BERIKRAR: Sebanyak 60 calon Kades berikrar membacakan pakta integritas untuk tetap menjaga keamanan, proses Pilkades serentak, Rabu (18/10) di Gedung Balai Budaya Sidikalang. 

Sidikalang (SIB)

Sebanyak 60 calon kepala desa mengikuti deklarasi Pilkades damai dan penandatanganan pakta integritas menjelang tahapan kampanye, Rabu (18/10) di Gedung Balai Budaya Sidikalang.

Para calon atau peserta Pilkades membacakan pakta integritas dan melakukan penandatanganan yang turut disaksikan Forkopimda, yaitu Kapolres Dairi, AKBP Agus Bahari, Wakil Bupati Dairi, Jimmy AL Sihombing, Kapolsek jajaran dan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD).

AKBP Agus Bahari mengatakan, sesuai tugas pokok dan fungsinya polisi adalah penanggungjawab keamanan dengan harapan Pilkades serentak berjalan damai, aman dan lancar. “Pilkades yang damai, merupakan tanggung jawab bersama antara calon, P2KD, kepolisian dan pemerintah kabupaten,” katanya.

Pihaknya meminta seluruh elemen masyarakat di Dairi, turut membantu menjaga Kamtibmas selama tahapan Pilkades hingga pemungutan suara dan penghitungan. "Saya berharap seluruh elemen turut membantu mengamankan proses Pilkades ini. Kalau ada permasalahan selama proses Pilkades sampaikan sesuai mekanisme yang berlaku," sebutnya.

Sementara itu Wabup Dairi, Jimmy AL Sihombing mengatakan, perhelatan Pilkades hendaknya tidak meninggalkan konflik. Pilkades damai adalah komitmen bersama mewujudkan pesta demokrasi.

“Jadi saya mengajak mari menjalankan peran masing-masing demi terwujudnya Pilkades damai dan tertib, jaga keberagaman, hindari perpecahan. Pilkades ini harus jadi pemersatu," ungkapnya.

Dia berharap P2KD menjalankan tahapan sesuai aturan, menjaga netralitas sehingga tidak ada keberpihakan dengan calon tertentu. Dan fakta integritas harus dijalankan. Pilkades serentak akan dilaksanakan di 22 desa di 11 kecamatan dengan jumlah DPT 27.830 pemilih.(**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com