7 Peternakan Ayam di Nagori Sibungabunga Simalungun Ditutup


175 view
7 Peternakan Ayam di Nagori Sibungabunga Simalungun Ditutup
Foto SIB/Linggom Parhusip
MUSYAWARAH: Para Anggota DPRD Simalungun ketika musyawarah dengan pengusaha peternakan ayam dan masyarakat Nagori Sibungabunga  tentang keberadaan operasional kandang ayam, Senin (23/5), di Aula Kecamatan Jorlang Hataran Jalan Parapat Simalungun.
Tigabalata (SIB)
Sebelum mengantongi izin, tujuh dari delapan peternakan ayam yang berlokasi berdekatan dengan pemukiman masyarakat di Nagori (Desa) Sibungabunga Kecamatan Jorlang Hataran Simalungun ditutup sementara.

Hal tersebut disampaikan perwakilan anggota DPRD Simalungun Komisi 1 Mistoni Sijabat ketika rapat bersama denga Dinas Lingkungan Hidup dan (DLH) Simalungun, para peternak ayam dan masyarakat di Aula Kecamatan Jorlanghataran Jalan Parapat Simalungun, Senin (23/5).

Disampaikan sesuai dengan hasil rapat bersama dengan 6 anggota DPRD Simalungun Komisi 1, setelah mendengar keluhan dari masyarakat dan pengusaha ternak ayam, 7 dari 8 peternakan ayam yang beroperasi di Nagori Sibungabunga ditutup sementara karena belum memiliki izin, dan jarak kandang dengan pemukiman warga belum mematuhi standar, jarak hanya sekitar 50 meter - 100 meter dari pemukiman sehingga mengundang lalat dan aroma limbah hingga menganggu kenyamanan masyarakat.

"Kami kasih tegang waktu kepada para peternak agar setelah selesai masa panen bulan ini, kandang ayam ditutup sementara. Para peternak ayam diberi kesempatan untuk berkoordinasi dengan instansi terkait dalam pengurusan surat izin terlebih dahulu," katanya.

Keputusan bersama ini, kata Sijabat tidak ada tawar menawar demi kenyamanan warga karena keberadaan peternakan ayam sudah menganggu kenyamanan warga . Bagi pengusaha ternak harus mengikuti peraturan yang berlaku dengan mengantongi izin dari instansi pemerintahan Simalungun.

Mewakili masyarakat Nagori Sibungabunga Idris berterimakasih kepada anggota DPRD Simalungun karena telah mendengarkan keluhan masyarakat sehingga 7 dari 8 peternakan ayam di tengah-tengah pemukiman warga ditutup untuk kenyamanan masyarakat.

Acara dihadiri anggota DPRD Simalungun Komisi 1, Umar Yani, Agus Wirawan Sinaga, Junita V Munthe, Aripin Panjaitan, Saulina Harahap dan Benfri Sinaga, Kepala Bidang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Oswal Damanik, Camat Jorlanghataran Maryaman Samosir dan staf Kecamatan, pengusaha peternak ayam dan sejumlah masyarakat Nagori Sibungabunga.(D9/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com