8 Fraksi di DPRD Simalungun Sampaikan Pemandangan Umum atas Nota Pengantar Keuangan Rancangan P-APBD 2021


96 view
8 Fraksi di DPRD Simalungun Sampaikan Pemandangan Umum atas Nota Pengantar Keuangan Rancangan P-APBD 2021
(f:roland/mistar)
Kantor DPRD Kabupaten Simalungun.
Simalungun (SIB)
Delapan fraksi di DPRD Simalungun menyampaikan pemandangan umum atas nota pengantar keuangan rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) tahun 2021 pada rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Selasa (14/9).

Rapat paripurna itu dihadiri Wakil Ketua yakni Samrin Girsang, Sastra Joyo Sirait dan para Anggota. Sementara itu dari Pemkab Simalungun hadir Penjabat Sekda, Sudiahman Saragih dan pimpinan organisasi perangkat daerah.

Pembacaan pemandangan umum fraksi diawali dari Fraksi PDIP, disusul Demokrat, Gerindra, NasDem, Hanura, Perindo, Fraksi Persatuan Amanat Pembangunan dan Fraksi Golkar.

Fraksi Demokrat melalui juru bicaranya Andre Andika Sinaga menyebutkan, mencermati nota pengantar bupati terhadap Ranperda P-APBD tahun 2021 bahwa Pemkab Simalungun mengarahkan kebijakan belanja untuk membiayai kegiatan pencegahan penyebaran dan penanganan Covid-19, utamanya untuk meningkatkan kapasitas penanganan kesehatan dan penanganan dampak ekonomi terutama menjaga agar dunia usaha daerah tetap berjalan.

Menanggapi hal tersebut Fraksi Partai Demokrat meminta penjelasan tentang apa kebijakan yang dilakukan Pemkab Simalungun serta kelanjutan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Terkait upaya penanggulangan penyebaran Covid-19 dengan pemberian vaksin kepada masyarakat di Kabupaten Simalungun, Fraksi Partai Demokrat juga memertanyakan upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk mencapai target bagi pemberian vaksin kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Simalungun.

Sementara itu Fraksi Persatuan Amanat Pembangunan melalui juru bicaranya Adianto Pasaribu juga memertanyakan program/kegiatan apa saja yang dilakukan Pemkab Simalungun untuk menangani dampak ekonomi, sosial, psikologis dan kesehatan yang diakibatkan pandemi Covid-19 di tengah-tengah masyarakat yang memerlukan perhatian, serta berapa jumlah penduduk Kabupaten Simalungun yang sudah divaksin.

Usai masing-masing fraksi membacakan pemandangan umumnya, Ketua DPRD kemudian menskor rapat dan akan dilanjutkan dengan agenda jawaban Bupati Simalungun atas pemandangan umum masing-masing fraksi.

Usai rapat diskor, Penjabat Sekda Sudiahman Saragih kemudian menyampaikan kepada masing-masing organisasi perangkat daerah agar memersiapkan nota jawabannya. (D4/f)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com