97 WBP Rutan Kelas IIB Humbahas Divaksin Covid-19


146 view
97 WBP Rutan Kelas IIB Humbahas Divaksin Covid-19
Foto: Dok/Andreas Purba
VAKSIN COVID-19: Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Klas IIB Humbahas menerima suntikan pertama vaksin Covid-19 dari petugas vaksinator di Aula Rutan, Jalan Pemasyarakatan Desa Huta Gurgur, Kecamatan Doloksanggul, Kamis (19/8).
Humbahas (SIB)
Puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Humbang Hasundutan (Humbahas) divaksin covid untuk dosis pertama di Aula Rutan, Jalan Pemasyarakatan Desa Huta Gurgur, Kecamatan Doloksanggul, Kamis (19/8).

Kepala Rutan Klas IIB Humbahas, Revanda Bangun SPsi MH, kepada SIB Jumat (20/8) mengatakan, pelaksanaan vaksinasi tahap pertama untuk warga binaan merupakan salah satu langkah untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19 serta instruksi pemerintah untuk seluruh masyarakat wajib vaksin tanpa mengecualikan WBP di Rutan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA).

Dijelaskannya, vaksinasi tahap pertama kerjasama Polri dan pihak tenaga kesehatan RSUD Doloksanggul itu telah dilaksanakan kepada puluhan warga binaan yang memiliki KTP atau minimal Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan bagi warga binaan yang belum memiliki atau mendapatkan vaksin. Targetnya, semua WBP Rutan Klas IIB Humbahas berjumlah 943 orang akan dilakukan vaksin.

"Hingga hari ini sudah 97 orang warga binaan yang telah selesai divaksin. Mereka adalah warga binaan yang memiliki KTP dan NIK. Kegiatan ini akan berlanjut hingga vaksinasi tuntas di Rutan," ujarnya.

Ditambahkan, sebelum pelaksanaan vaksinasi, pihaknya mengimbau WBP menjaga kesehatan, istirahat yang teratur untuk menjaga stamina tubuh agar tetap fit. Selanjutnya setelah vaksinasi agar jangan melakukan kegiatan yang terlalu berat.

"Sebelum divaksin WBP sudah kita himbau agar menjaga stamina tubuh agar tetap fit saat divaksin. Pasca vaksinasi tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19," pungkasnya. (BR7/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com