AMKTT Minta Komisi I DPRD Tebingtinggi Respon Cepat Atasi Masalah Penetapan Kepling


755 view
AMKTT Minta Komisi I DPRD Tebingtinggi Respon Cepat Atasi Masalah Penetapan Kepling
Net/harianSIB.com
llustrasi Kepling.

Tebingtinggi (harianSIB.com)

Ketua Aliansi Masyarakat Kota Tebingtinggi (AMKTT) Dian Adhi Pradana Isa meminta Komisi I DPRD untuk merespon cepat mengatasi permasalahan pemilihan dan penetapan kepala lingkungan (Kepling).


"Harus diselesaikan permasalahan Kepling. Jika perlu dilakukan perubahan terhadap Peraturan Wali Kota (Perwa) Nomor 16 tahun 2019 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Lingkungan," kata Dian kepada harianSIB.com melalui pesan singkat, Sabtu (24/9/2022).

Lanjut Dian, permasalahan dalam pemilihan Kepling diduga sarat dengan kepentingan politik menuju Pemilu 2024 sehingga harus dievaluasi dan dilakukan penundaan penetapan.


"Saya menduga pemilihan tidak murni hasil musyawarah tapi kuat dengan kepentingan politik," ujarnya.


Dijelaskan Dian, ada beberapa laporan warga yang menyampaikan permasalahan terhadap proses pemilihan Kepling, kewenangan Panmus diintervensi.

Dian juga mempersoalkan metode pemilihan Kepling yang diatur dalam Perwa Nomor 16 tahun 2019.


Dimana Panmus yang terbentuk seyogianya bermusyawarah tapi dilakukan penilaian terhadap calon Kepling.


"Kalau ada penilaian itu seharusnya Panitia Seleksi (Pansel) bukan Panmus. Jadi Perwa itu harus direvisi kembali," ucapnya.


Dian berharap, penundaan dalam penetapan Kepling yang diusulkan DPRD pada rapat paripurna tentang Ranperda P-APBD 2022 dapat memperbaiki proses pemilihan Kepling yang netral dan benar - benar bekerja untuk membantu warga.


Sebelumnya, proses pemilihan dan penetapan Kepling menjadi pembahasan DPRD Tebingtinggi pada rapat gabungan komisi dengan eksekutif dalam rangka pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022, Kamis (22/9/2022) di ruang paripurna.


Dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Tebingtinggi, Basyaruddin Nasution meminta kepada komisi I agar secepat mungkin untuk melakukan rapat evaluasi bersama dinas terkait, camat dan lurah.


"Evaluasi penetapan Kepling harus disegerakan, komisi I harus gerak cepat. Mengingat akhir September ada beberapa Kepling yang habis masa jabatannya.(*)


Penulis
: Japet Arki Bangun
Editor
: Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com