Abdiel Perangin-angin Kembali Demo Tunggal ke PN Kabanjahe Tuntut Pelaksanaan Eksekusi


290 view
Abdiel Perangin-angin Kembali Demo Tunggal ke PN Kabanjahe Tuntut Pelaksanaan Eksekusi
(Foto dok/Sonry Purba)
DEMO TUNGGAL : Abdiel Perangin-angin demo tunggal menuntut pelaksanan eksekusi di PN Kabanjahe dan disaksikan Wakil Ketua PN Kabanjahe, Cipto Hosari P Nababan SH MH, Kamis (19/5/2022).

Karo (harianSIB.com)

Abdiel Perangin-angin (47) warga Desa Suka Maju, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo kembali demo tunggal ke kantor PN Kabanjahe, Kamis (19/4/2022) untuk menuntut kepastian hukum pelaksanaan eksekusi.


Menurutnya, Ketua PN Kabanjahe Sulhanuddin SH MH pada saat itu telah mengabulkan permohonan eksekusi atas perkara Nomor 66/Pdt.G/1999/PN Kbj dengan luas tanah 5000 meter di Desa Manuk Mulia. Dan PN Kabanjahe mengeluarkan penetapan pelaksanaan eksekusi berdasarkan penetapan nomor 3/Pdt H/2021/66/Pdt G/1999/Pn.Kbj tertanggal 28 Juli 2021.


Diakui telah dilakukan berita acara konstatering tertanggal 15 Juni 2021 yang dihadiri panitera Temaziduhu Harefa SH. Kemudian Panitera Kabanjahe telah melakukan koordinasi dengan Polres Tanah Karo untuk pelaksanaan eksekusi dengan meminta pengamanan 50 personel tertanggal 2 Agustus 2021.


"Saya juga telah membayar biaya uang pelaksanaan eksekusi sebesar Rp 40 juta ," katanya.


Hingga saat ini katanya, belum dilakukan pelaksanaan eksekusi. Anehnya, katanya, ada surat dari Panitera PN Kabanjahe yang ditandatangani Temaziduhu Harefa SH agar pengambilan uang pelaksanaan eksekusi perkara nomor 66/Pdt.H/1999/Pn Kbj, karena permohonan eksekusi yang diajukan non-executable atau tidak dapat dilaksanakan.


"Saya tidak mengerti artinya. Kalau dari dulu tidak bisa dieksekusi kenapa dikabulkan permohonan eksekusi," teriak Abdiel di halaman Kantor PN Kabanjahe.


Atas aksinya, Wakil Ketua PN Kabanjahe, Cipto Hosari P Nababan SH MH menjelaskan bahwa panitera Temaziduhu Harefa ada urusan ke luar tidak berada di kantor.


"Saya diperintahkan pimpinan saya untuk menerima bapak," ungkapnya.


Menurutnya, sesuai surat Abdiel Perangin-angin yang telah melaporkan ke Kepala Badan Pengawasan MA RI untuk memohon kepastian pelaksanaan eksekusi, pihaknya masih menunggu surat turun dari Badan Pengawas MA .


"Kami masih menunggu surat dari Badan Pengawasan MA. Kalau sudah ada surat itu, kami akan memberitahukan kepada bapak" ungkapnya.


Atas penjelasan itu, Abdiel merasa puas atas penjelasan Wakil Ketua PN Kbj. (*)

Penulis
: Theopilus Sinulaki
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com