Agustus 2021, Pematangsiantar Deflasi -0,07 Persen


122 view
Agustus 2021, Pematangsiantar Deflasi -0,07 Persen
Ist
Ilustrasi deflasi
Pematangsiantar (SIB)
Kota Pematangsiantar pada Bulan Agustus 2021, mengalami deflasi -0,07 persen (mtm), yang dipengaruhi pada kelompok makanan, minuman dan tembakau, namun tetap terkendali di tengah-tengah masih terjadinya pandemi Covid-19.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Teuku Munandar mengatakan hal itu kepada wartawan, Kamis (2/9) di Pematangsiantar. Dengan perkembangan tersebut katanya, inflasi Indeks Harga Konsumen ( IHK), Agustus 2021, tercatat 0,72 persen ( ytd) atau 3,62 persen ( yoy).

Tekanan deflasi didorong oleh beberapa komoditas, di kelompok pengeluaran makanan, minuman dan tembakau, sebesar -0,30 persen (mtm), dan tekanan inflasi tersebut disebabkan penurunan harga cabai merah, daging dan ayam ras. Untuk harga cabai merah turun sebesar -17,15 persen (mtm), disusul turunnya harga daging ayam ras sebesar -7,66 persen (mtm).

Untuk daging ayam ras, mengalami penurunan sebagai titik balik dari naiknya harga daging ayam tersebut sejak Mei 2021 dan tidak terlepas dari permintaan yang kian stabil. Sementara itu, turunnya harga daging, cabai merah, merupakan hasil dari upaya pemerintah Provinsi Sumatera Utara, yang mengarahkan petani agar tidak serentak, sehingga berhasil meredam kenaikan harga.

Selain itu, tekanan deflasi lebih lanjut tertahan oleh naiknya harga komoditas minyak goreng sebesar 7,63 persen (mtm) dan bawang merah 6,81 persen, serta tidak terlepas dari meningkatnya rata-rata harga CPO lokal dan ekspor sepanjang Agustus 2021, pada posisi harga, lebih kurang Rp 10.000 - Rp11.000 .Selain itu, komoditas lainnya yang mengalami inflasi di Bulan Agustus adalah bayam dan ikan dencis. (D3/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com