Ahmad Hadian "Warning" Pemprov Sumut dan Kabupaten Tangkap Masif Ikan Setan Merah di Danau Toba


226 view
Ahmad Hadian "Warning"  Pemprov Sumut dan Kabupaten Tangkap Masif Ikan Setan Merah di Danau Toba
Foto ist/harianSIB.com
Ahmad Hadian 

Medan (harianSIB.com)

Sekretaris Komisi B DPRD Sumut Ahmad Hadian memberi "warning" Pemprov Sumut dan kabupaten di kawasan Danau Toba untuk mengambil langkah-langkah efektif berupa penangkapan secara masif ikan "Setan Merah" (Cichlasoma Labiatum), untuk menyelamatkan species ikan lainnya di perairan Danau Toba.

"Populasi ikan "Setan Merah", ikan yang sifatnya invasif dan kanibal terhadap species ikan lainnya harus segera diatasi, karena ancaman besar bagi populasi ikan endemik Danau Toba, seperti ikan nila, mujair dan ikan mas. Efeknya, nelayan resah karena terancam mata pencahariannya," kata Ahmad Hadian kepada jurnalis SIB Firdaus Peranginangin, Jumat (15/4/2022), di Medan.

Berkaitan dengan itu, Sekretaris Fraksi PKS ini meminta Pemprov Sumut cq Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk bergerak cepat mengatasi semakin berkembangnya ikan pemangsa tersebut, untuk menyelamatkan kehidupan nelayan di perairan Danau Toba

"Gubernur Sumut perlu segera berkoordinasi dengan seluruh bupati di kawasan Danau Toba dan Balai Penelitian Perikanan Air Tawar, untuk mencari solusi yang tepat, dengan melakukan penangkapan secara masif terhadap ikan kanibal tersebut," katanya.

Bahkan Ahmad Hadian mengusulkan untuk dibentuk semacam program khusus secara marathon, yakni program penangkapan ikan kanibal tersebut secara berkelanjutan hingga keberadaannya benar-benar hilang.

"Harus ada kegiatan lanjutan yang terprogram berupa usaha pasca panen dan hasil tangkapan ikan Setan Merah ini bisa dimanfaatkan menjadi bahan olahan yang bernilai ekonomis. Di beberapa tempat di Jawa dengan kasus serupa, ikan ini bisa dibuat ikan asin, keripik, abon atau tepung ikan bahan campuran pakan ternak," kata alumni Taruna Perikanan itu.

Secara bersamaan dengan program penangkapan, tambahnya, harus segera dilakukan penanaman kembali ikan nila atau ikan mas secara massal di Danau Toba, dengan ukuran di atas 5 cm, agar tidak mampu dikanibal ikan setan merah. Dengan demikian diharapkan secara bertahap populasi ikan setan merah ini akan terkalahkan. (*)

Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com