Akibat Banjir di Sejumlah Kabupaten, 2.891,25 Ha Padi Sawah Terendam


128 view
Akibat Banjir di Sejumlah Kabupaten, 2.891,25 Ha Padi Sawah Terendam
Foto: Faizal Amiruddin/detikcom
Banjir merendam persawahan milik petani
Medan (SIB)
Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Propinsi Sumatera Utara mencatat, akibat bencana alam banjir yang terjadi akhir-akhir ini menyebabkan tanaman pertanian di sejumlah kabupaten ada yang puso dan terkena.

"Kerusakan lahan pertanian tersebut berdasarkan hasil monitoring petugas kami yang melaporkan kondisi lahan dari beberapa Kabupaten," ujar Kepala UPT (Unit Perlindungan Tanaman) Pangan dan Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura ( TPH) Provinsi Sumatera Utara Marino kepada SIB, Sabtu (27/11).

Disebutkan, secara komulatif luas tanaman pangan yang terkena yakni komoditi padi sawah seluas 2.891,25 Ha di Kabupaten Serdang Bedagai, Deli Serdang, Batubara, Labuhan Batu Utara, Tapanuli Selatan, Nias Barat, Karo, Labuhan Batu dan Kota Tebing Tinggi.

Dari luas tersebut, katanya 831 Ha mengalami puso yakni di Kabupaten Deli Serdang , Batubara, Sergai, Tapsel dan Kota Tebing Tinggi.

Sedangkan pada komoditi jagung terkena seluas 2 Ha, di antaranya 1,94 Ha puso di Deli Serdang.

Sedangkan komoditi terkena dampak angin kencang pada tanaman hortikultura yakni cabai merah seluas 53 Ha, di antaranya mengalami puso 1 Ha terjadi di Batubara.

Untuk komoditi tanaman timun terkena 0,2 Ha dan puso 0,2 Ha.

"Lahan tanaman yang mengalami puso sebagian sudah mendapat bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten," ujar Marino.

Namun dia tidak menyebutkan bantuan yang diberikan pada petani yang lahannya mengalami puso itu. (A1/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com