Akses Jalan Minim Perhatian, Warga Parlilitan Harus Ditandu Pakai Sarung Melahirkan ke Rumah Sakit


486 view
Akses Jalan Minim Perhatian, Warga Parlilitan Harus Ditandu Pakai Sarung Melahirkan ke Rumah Sakit
(Foto:Dok / Warga)
TANDU: Warga Dusun Nambadia, Desa Sihastonga, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan tandu pakai kain sarung ke rumah sakit saat hendak melahirkan, Sabtu (18/6/2021).
Parlilitan (harianSIB.com)
Akses jalan hanya bisa dilalui dengan jalan kaki dan motor khusus, seorang warga Dusun Nambadia, Desa Sihastonga Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan harus ditandu pakai kain sarung saat hendak melahirkan sejauh 3,5 km ke rumah sakit, Jumat (18/6/2021).

"Kondisi jalan sangat memprihatinkan ke kampung kami ini. Sehingga kami harus menggunakan tandu pakai kain sejauh 3,5 km untuk membawa istri Harianja melahirkan ke rumah sakit," ungkap Sihotang kepada wartawan, Minggu (20/6/2021).

Sihotang menuturkan, jalan sepanjang 3,5 km tersebut hanya bisa dilalui kendaraan roda dua khusus sehingga tidak memungkinkan apabila membawa warga yang sedang hamil. "Kendaraan roda dua memang bisa masuk, tapi kita harus taruhan nyawa untuk melaluinya. Karena bebatuan besar yang kita lalui. Jadi sangat rawan untuk membawa warga yang dalam kondisi hamil," ujarnya.

Ia menjelaskan, di dusun itu lebih dari 12 Kepala Keluarga (KK) yang bermukim. Kondisi jalan seperti itu tidak hanya mempersulit akses untuk pengobatan, namun juga bagi pelajar yang hendak ke sekolah harus melewati jalan yang memprihatinkan itu.

"Sebelumnya memang ramai, tapi akibat minimnya perhatian sebagian warga berpindahan dan sekarang tinggal kurang lebih 12 KK. Untuk itu saya berharap kepada pemerintah daerah, agar bisa secepatnya memperbaiki jalan tersebut," kata Sihotang.(*)

Penulis
: Aperilman Rambe
Editor
: Robert /Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com