Alasan Cuaca, Keberangkatan Pesawat Garuda Silangit-Jakarta Berulangkali Tertunda


525 view
Alasan Cuaca, Keberangkatan Pesawat Garuda Silangit-Jakarta Berulangkali Tertunda
SIB/Petrus Sembiring
DI ESKALATOR KNIA: Pengantin baru Kahiyang Ayu Siregar bersama suaminya Bobby Afif Nasution, Senin (4/12) siang berangkat ke Jakarta naik Garuda Indonesia GA-185 melalui Bandara KNIA Deliserdang. Kahiyang Ayu Siregar (pakai baju kotak-kotak merah) puteri
Taput (SIB) -Jadwal keberangkatan Pesawat Garuda Indonesia CRG Bombardir 1000 jurusan Silangit-Jakarta ditunda sampai 6 jam karena cuaca buruk. Jadwal keberangkatan yang seharusnya pukul 11.00 WIB ditunda menjadi pukul 15.00 WIB. Demikian disampaikan Kepala Bandara Silangit Hotasi Manalu via telepon selulernya kepada SIB, Senin (4/12).

"Penumpang yang ingin berangkat tadi mencapai 40 orang. Tetapi akibat terjadinya penundaan itu, jumlah penumpang yang berangkat hanya 8 orang. Dan semuanya telah diberangkatkan melalui Pesawat Garuda Indonesia. Sementara penumpang yang lainnya berpindah menggunakan maskapai penerbangan lain," ujarnya.

Ia menuturkan, rasa kecewa pasti ada. Namun karena kondisi cuaca buruk, keberangkatan pukul 11.00 WIB tidak bisa dilakukan. Penundaan itu dilakukan demi menjaga keselamatan.

Namun di pihak lain para penumpang sempat menggerutu kesal karena tidak adanya pengumuman pemberitahuan alasan maupun lamanya penundaan.

Terkait adanya penundaan jadwal penerbangan tanggal 1 sampai 3 Desember kemarin, ia mengatakan, semua itu terkait masalah cuaca buruk dan kendala operasional.

Sementara itu, Manager Pemasaran Garuda Indonesia Wilayah Silangit Lia De Vega Sianturi yang dikonfirmasi via telepon selulernya menuturkan, keterlambatan penerbangan Garuda Indonesia jurusan Silangit-Jakarta karena cuaca buruk.

"Kami punya SOP keselamatan untuk jarak pandang dan ketinggian awan. Sejak pagi, jarak pandang dan ketinggian belum memenuhi standar keselamatan. Siang hari, cuaca mulai membaik dan barulah pesawat dari Jakarta bisa terbang ke Silangit," ujarnya.

Terkait penumpang, ia mengungkapkan, penumpang diberikan opsi untuk dikembalikan uang tiketnya secara full tanpa potongan dan dibantu menggunakan maskapai penerbangan yang lain.

"Tadi sore, hanya 8 orang penumpang saja yang tetap mau menggunakan maskapai Garuda Indonesia untuk berangkat ke Jakarta. Sementara selebihnya menggunakan maskapai lain," ungkapnya.

Terkait penundaan penerbangan mulai tanggal 1-3 Desember kemarin, ia juga menuturkan, tanggal 1 Desember dikarenakan cuaca buruk.

"Kalau tanggal 2 - 3 Desember kemarin dikarenakan adanya kendala operasional maskapai kita untuk rute Jakarta-Silangit," tuturnya.
 
AKUI KETERLAMBATAN
Pusat Penerangan Garuda Airlines Medan mengatakan, penerbangan Garuda dari Bandara Internasional Silangit ke Bandara Kualanamu, Deliserdang mulai 1-3 Desember 2017 tidak ada yang dibatalkan tetapi hanya keterlambatan penerbangan, Sabtu (2/12) kemarin.

Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-7136 di hari Sabtu (2/12) seyogianya tiba di Bandara Silangit pukul 13.15 WIB, tetapi karena terjadi keterlambatan dari Gunung Sitoli ke Bandara Kualanamu maka terjadi perubahan jadwal. GA-7136 tiba di Bandara Kualanamu pukul 14.45 WIB dan tiba di Bandara Silangit 16.21 WIB. "Jadi tidak ada pembatalan penerbangan Garuda dari Bandara Silangit ke Bandara Kualanamu, tetapi hanya keterlambatan berangkat," katanya.            

Perlu juga diketahui, jadwal penerbangan Garuda dari Bandara Kualanamu ke Bandara Silangit tiap Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu sementara hari Jumat dan Minggu tidak ada jadwal penerbangan. Sementara tanggal 1 adalah hari Jumat dan tanggal 3 Minggu sehingga tidak ada jadwal pesawat Garuda dari Kualanamu ke Bandara Silangit, sementara tanggal 2 Sabtu ada penerbangan, tetapi terjadi keterlambatan jadwal terbang ke Bandara Kualanamu. (G03/A12/h)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com