Amankan Jaringan Listrik, PLN Rayon Kotapinang Akan Gandeng Pemkab Labusel


130 view
Amankan Jaringan Listrik, PLN Rayon Kotapinang Akan Gandeng Pemkab Labusel
Internet
PLN
Kotapinang (harianSIB.com)

PT PLN (Persero) Rayon Kotapinang akan menggandeng Pemkab Labusel untuk mengamankan jaringan listrik guna menanggulangi pemadaman listrik yang kerap terjadi di wilayah Kabupaten Labusel.

Hal itu diungkap Manajer PLN Rayon Kotapinang, Syahrir kepada wartawan, Minggu (10/10/2021).

Menurutnya, pemadaman listrik yang kerap dikeluhkan masyarakat selama ini sebagian besar disebabkan gangguan pada jaringan.

"Luar biasa gangguan yang terjadi pada jaringan. Kami sudah memasang perisai hewan pada tiang-tiang jaringan agar binatang, khususnya monyet tidak menyentuh kabel jaringan yang memicu terjadinya pemadaman. Namun dalam banyak kasus, monyet dan hewan lainnya masih saja dapat menyentuh jaringan, sehinga sering terjadi pemadaman secara tiba-tiba," katanya.

Selain itu, kata Manager yang baru bertugas dua minggu di PLN Rayon Kotapinang itu, perintisan dan perampalan pohon yang berdekatan dengan jaringan juga rutin dilakukan. Namun sebut dia, petugas kerap terkendala, karena pemilik kebun tidak mengizinkan tanamannya yang mengganggu jaringan untuk dipapras.

"Pemadaman yang sering terjadi dengan durasi singkat biasanya disebabkan ranting pohon rambung atau daun kelapa sawit yang menyentuh kabel jaringan karena tiupan angin. Makanya jaringan harus dibebaskan dari gangguan tersebut. Namun di lapangan, banyak warga yang tidak membolehkan petugas melakukan perampalan, sehingga terkendala," katanya.

Karenanya, kata dia, melalui kerja sama dengan Pemkab Labusel, diharapkan aparat desa dapat membantu mensosialisasikan, sehingga masyarakat memahami dan merelakan agar tanamannya dipangkas. Menurutnya, jika hal itu dapat dilakukan, maka pemadaman listrik dapat diminimalisir.

Selain kerja sama terkait pengamanan jaringan, ia pun menargetkan 35 ribu pelanggan di Kabupaten Labusel yang masih menggunakan meteran pasca bayar agar beralih ke meteran pra bayar. Menurutnya, dengan bantuan Pemkab hal tersebut dapat lebih mudah diwujudkan.

Terpisah, anggota DPRD Kab. Labusel, Muhammad Hasir mengharapkan, ke depannya layanan PLN Rayon Kotapinang menjadi lebih baik. Menurutnya, koordinasi yang baik harus dilakukan, sehingga kualitas listrik di Kabupaten Labusel memuaskan pelanggan. (*)

Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com