Anggota DPR RI Delmeria Sikumbang Tinjau Lokasi Banjir Bandang dan Longsor Baktiraja


206 view
Anggota DPR RI Delmeria Sikumbang Tinjau Lokasi Banjir Bandang dan Longsor Baktiraja
(Foto: Dok/Sahat M Sihite)
BANTUAN: Anggota Komisi VIII DPR RI Dra Hj Delmeria Sikumbang secara simbolis memberikan bantuan korban bencana banjir dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas kepada Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Senin (4/12). 
Humbahas (SIB)
Anggota Komisi VIII DPR RI, Hj Delmeria Sikumbang bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto SSos MM, berkunjung ke lokasi banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin (4/12).
Sebelum meninjau lokasi dan mengunjungi para masyarakat terdampak, terlebih dahulu dilaksanakan rapat koordinasi penanganan bencana banjir bandang dan longsor dipimpin Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto SSos MM di Kantor Bupati Humbahas.
Kepala BNPB mengatakan, kehadiran BNPB sekaligus menjadi representasi pemerintah pusat yang selalu hadir meringankan beban masyarakat terdampak bencana.
Pada kunjungan kerja tersebut, Kepala BNPB juga menyerahkan dukungan berupa uang tunai Dana Siap Pakai (DSP) Rp 500 juta maupun logistik yang meliputi tenda pengungsi, tenda keluarga, sembako, selimut, velbed, matras, lampu penerangan, genset listrik dan pompa air serta selangnya.
"Ini merupakan bantuan awal. Mengenai dana dari pemerintah pusat, gunakan secara akuntabel," kata Kepala BNPB.
Selanjutnya rombongan menuju lokasi banjir dan longsor. Delmeria menerima penjelasan kronologis kejadian serta besarnya kerusakan yang diakibatkan banjir dan longsor tersebut. Rumah yang rusak berat berjumlah 35 unit, direncanakan akan di relokasi ke tempat yang lebih aman, sehingga diperlukan penyediaan lahan dari Pemkab Humbahas.
“Kehadiran kami dari Jakarta secara langsung ke Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja sebagai bentuk kepedulian bagi warga yang terdampak banjir dan longsor, serta sebagai tanda bahwa duka yang bapak/ibu rasakan turut pula dirasakan pemerintah pusat dan anggota DPR RI dari Dapil Sumut 2,” ucap Hj Delmeria.
Delmeria bercerita, kabar bencana banjir dan longsor di Desa Simangulampe ia terima Sabtu (2/12) dari Dr (Can) Enriko Silaban. Selanjutnya, Delmeria komunikasi dengan sejumlah pihak untuk mendapatkan informasi yang lengkap.
Hari itu juga, Delmeria langsung menyampaikan rencana tersebut kepada Kementerian Sosial, Kepala BNPB dan meminta agar segera diberikan bantuan tanggap darurat. Bahkan, Delmeria bersama Kepala BNPB dan rombongan turun bersama mengunjungi lokasi bencana serta mendistribusikan bantuan berdasarkan kebutuhan di lapangan.
“Demikianlah kronologis kedatangan saya dan rombongan ke Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja ini,” ucap Delmeria kepada SIB.
Delmeria dalam sambutannya menyampaikan belasungkawa yang dalam atas musibah banjir dan longsor di Desa Simangulampe yang mengakibatkan dua orang meninggal dan sepuluh orang hilang.
Dr (Can) Eriko Silaban MPd yang merupakan putra Humbahas juga mengatakan turut berdukacita yang mendalam kepada korban bencana, semoga kuat menerima kejadian itu. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com