Anggota DPR RI Lamhot Sinaga Siapkan Mesin Pemipil Jagung ke Dairi


166 view
Anggota DPR RI Lamhot Sinaga Siapkan Mesin Pemipil Jagung ke Dairi
Foto/SIB Tulus Tarihoran
SAMBUTAN: Anggota DPR RI, Lamhot Sinaga (di podium) beri sambutan pembukaan Musda PDK Kosgoro 1957 Dairi dan akan memberikan mesin pemipil jagung, Selasa (12/10) di gedung Djauli Manik Sidikalang.
Sidikalang (SIB)
Anggota DPR RI, Lamhot Sinaga menegaskan fokus mengembangkan satu komoditas seperti jagung di kawasan Danau Toba yang penduduknya hampir 90 persen sebagai petani.

Hal itu disampaikan Lamhot Sinaga, Selasa (12/10) saat pembukaan Musda PDK Kosgoro 1957 Dairi di Gedung Djauli Manik Sidikalang. Musda itu dihadiri Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, Ketua PDK Kosgoro 1957 Sumut, Riza Fahrumi Tahir, tokoh adat, tokoh pemuda dan sejumlah kader Kosgoro 1957.

Katanya, sudah cukup lama kawasan Danau Toba termarjinalkan, tetapi pemerintah pusat sekarang serius menjadikan kawasan itu jadi destinasi wisata. Namun, petani di kawasan Danau Toba harus ikut dikembangkan sesuai kultur. “Itulah sebabnya, saya fokus pengembangan komoditas jagung,” kata Sinaga.

Ia berharap luas pertanaman jagung di delapan kabupaten di kawasan Danau Toba bisa mencapai 32 ribu hektare. Bila satu hektare menghasilkan 7 ton sekali panen, berarti sudah menghasilkan 224 ribu ton. Padahal tanaman jagung bisa panen dua kali satu tahun. "Kita ingin kabupaten se-kawasan Danau Toba sebagai penyuplai kebutuhan jagung nasional," katanya.

Setelah dianalisa, selama ini petani memipil jagung masih manual. Pihaknya sudah memulai memberikan bantuan mesin pemipil jagung kepada petani di Kabupaten Toba.

Pemberian mesin juga akan berlanjut di beberapa kabupaten di kawasan Danau Toba sebanyak seribu unit, dengan kapasitas mesin bisa memipil jagung 1 ton per jam. Sehingga petani tidak kewalahan ketika sudah panen. Untuk pemberian mesin, pihaknya mengajak sejumlah pihak untuk menyediakan mesin pemipil, salah satunya ada putra Dairi.

"Bila perlu bentuk koperasi, apa lagi mengenai jagung. Akan saya bantu mesin pemipil jagung, dan membawa off taker dari Jakarta ke Dairi," ucapnya. (B03/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com