Anggota DPR dan DPD Puji Keberanian Rektor USU Berantas Narkoba


98 view
Anggota DPR dan DPD Puji Keberanian Rektor USU Berantas Narkoba
Sumber foto: Diurnawan/elshinta.com
Anggota DPR RI, Sofyan Tan
Medan (SIB)
Anggota DPR RI Sofyan Tan memuji keberanian Rektor USU Dr Muryanto Amin yang mengambil langkah pemberantasan narkoba di kampus. Menurutnya keberanian itu harus diapresiasi dan ditiru pimpinan universitas lainnya.

"Kita tidak bisa lagi menutup mata bahwa hari ini memang narkoba sudah masuk ke sektor pendidikan, bukan hanya kampus tapi juga sekolah-sekolah. Pihak USU yang berani berbicara transparan terhadap kondisi universitasnya ini menjadi langkah baik dan harus diapresiasi. DPR RI mengapresiasi itu," ujar Sofyan Tan dalam keterangannya, Rabu (13/10).

USU, imbuhnya, sudah melakukan upaya-upaya internal namun selalu mentok. Lalu kemudian menggandeng BNN Sumut untuk mengurai masalah narkoba yang dihadapi.

"Suara-suara keberanian seperti ini harus didukung. Sebagai kampus tertua, USU telah memberikan contoh baik terhadap perang lawan narkoba, yang seharusnya menjadi contoh bagi institusi lain. Artinya, pimpinan USU berkomitmen memberikan rasa tenang kepada para orang tua yang menitipkan anaknya di USU," ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Anggota DPR RI Komisi X yang membidangi pendidikan, olahraga dan sejarah ini menilai bahwa apa yang terjadi di USU merupakan sebuah warning bagi bersama, bahwa ada upaya-upaya negatif yang dilakukan sejumlah pihak untuk merusak generasi bangsa melalui narkoba.

Sebagaimana diketahui, Rektor USU Dr Muryanto Amin mengambil kebijakan terkait pencegahan narkoba di lingkungan kampus. Bersama BNN, pihak USU melakukan penindakan terhadap penyalah-gunaan narkoba yang sudah sangat meresahkan.

Rektor USU juga akan mengambil langkah pencegahan dengan membentuk Satgas Anti Narkotika dengan melibatkan mahasiswa, alumni, dosen serta pegawai.

Secara terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang juga Ketua DPP Masyarakat Pegiat Anti Narkoba (Mapan) Dedi Iskandar Batubara mengapresiasi langkah USU yang berani mengambil kebijakan untuk membasni narkoba di lingkungan kampus.

DIB, sapaan akrabnya, menilai peredaran di kampus memang harus diperangi karena narkoba merusak generasi bangsa. "Narkoba apapun jenisnya sangat merugikan, dan ini memang harus diperangi dan pihak universitas memang harus berani mengambil langkah taktis untuk menumpas peredarannya," kata DIB , Rabu (13/10).

Ia juga mengapresiasi BNN Provsu yang menjadi mitra dalam penumpasan narkoba di lingkungan kampus. "Narkoba ini adalah kejahatan luar biasa, efeknya bisa sangat merusak, dan ini perlu perhatian serta kolaborasi semua pihak," ujarnya. (A2/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com