Anggota DPRD Medan: Perpanjangan PPKM Level 4 Kebijakan Prorakyat


95 view
Anggota DPRD Medan: Perpanjangan PPKM Level 4 Kebijakan Prorakyat
Foto Dok
Paul MA Simanjuntak SH
Medan (SIB)
Pernyataan Presiden RI Joko Widodo terkait perpanjangan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus mendatang dengan sejumlah kelonggaran terhadap usaha kecil merupakan bukti kebijakan pemerintah yang prorakyat.

“Pemerintah tidak meninggalkan rakyat atau bahkan menindas rakyatnya. Pemerintah tetap memperhatikan rakyat di tengah pandemi Covid-19 yang semakin meningkat. Pemerintah tetap mendengarkan suara rakyat,” ujar anggota DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak SH kepada wartawan, Senin (26/7) menanggapi keluarnya siaran pers dari Sekretariat Presiden, Minggu kemarin.

Disebutkan politisi PDI Perjuangan ini, di masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah tetap berusaha menurunkan penyebarannnya sekaligus memikirkan bagaimana rakyatnya bisa tetap hidup dan berusaha untuk mencari makan.

Aturan baru yang dikeluarkan pemerintah dimaksudkan agar masyarakat bisa tetap “cari makan” dengan membuka usaha kecilnya, namun tetap harus menjaga Prokes agar penyebaran Covid-19 bisa ditekan seminimal mungkin.

“Bisa dibayangkan, kalau dibiarkan masyarakat membuka usaha tanpa memedulikan Prokes. Akan semakin banyak jatuh korban Covid-19 di mana-mana. Kita tidak mau banyak warga yang terpapar Covid-19, makanya diharapkan warga bisa mematuhi aturan yang dibuat pemerintah,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Medan ini.

Dalam siaran persnya, jelas disebutkan para pedagang kaki lima, pedagang kelontong, bengkel, usaha cucian mobil dan lainnya bisa membuka usahanya sampai jam yang ditentukan oleh pemerintah daerah, dengan tetap menerapkan Prokes. Warung makan, PKL, lapak jajanan dan usaha sejenisnya di ruang terbuka diizinkan buka dengan aturan Prokes yang ketat.

Selain itu, pemerintah sudah menyebutkan akan meningkatkan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Bahkan pemerintah berjanji akan memberikan vitamin dan suplemen kepada warga. Begitu juga dengan pengobatan dan konsultasi dokter terhadap pasien isolasi mandiri. “Artinya pemerintah tidak hanya membuat aturan tanpa ada solusi,” tegasnya.

Satu hal lagi, ujar Bendahara F-PDI Perjuangan DPRD Medan itu, pemerintah sudah membuat aturan yang baik untuk masyarakat. Hendaknya masyarakat juga taat aturan agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir, minimal bisa ditekan sekecil mungkin. “Semua itu, untuk rakyat juga agar bisa tetap sehat,” pungkasnya. (A12/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com