Anggota DPRD Medan Minta Dana Kelurahan Disisihkan untuk Sediakan Tempat Sampah

* BPJS Kesehatan: Pembayaran Tunggakan BPJS Mandiri Bisa Dicicil

172 view
Anggota DPRD Medan Minta Dana Kelurahan Disisihkan untuk Sediakan Tempat Sampah
Foto: Dok F PDI P DPRD Medan
SOSIALISASI PERDA: Anggota DPRD Medan Fraksi PDI Perjuangan Paul Mei Anton Simanjuntak (tengah) menyosialisasikan perda Nomor 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, Senin (20/6) di Jalan Gaharu Gang Harmoni, Kecamatan Medan Timur. 

Medan (SIB)

Anggota DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak SH mengharapkan lurah se-Kota Medan menyisihkan dana kelurahan untuk menyiapkan wadah sampah. Karena di hampir semua kelurahan, tempat-tempat sampah tidak ada, kondisi ini memicu orang membuang sampah sembarangan dan menimbulkan lingkungan yang tidak sehat.


“Padahal anggaran kelurahan cukup besar antara Rp 1,2 miliar sampai Rp 1,5 miliar, mestinya disisihkan untuk pengadaan tempat sampah yang permanen dari batu di tiap-tiap lingkungan. Pembuatan wadah mempermudah petugas mengangkutnya dan sampah tidak berserak ke mana-mana. Kalau Medan kotor yang malu anggota DPRD-nya juga,” kata Paul ketika menyosialsiasikan Produk Hukum Daerah Kota Medan, Perda Nomor 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, Senin (20/6) di Jalan Gaharu Gang Harmoni, Kecamatan Medan Timur.


Anggaran Kelurahan selama ini, kata politisi PDI Perjuangan ini, banyak digunakan untuk seremonial dan pembangunan jalan setapak. Persoalan sampah tidak pernah tuntas karena tidak didukung berbagai unsur. Meski belakangan ini penanganan sampah diserahkan penanganannya kepada kecamatan dan kelurahan, tapi itu hanya sistem pengangkutan dan pembayaran retribusi sampah. “Tapi Kelurahan mesti berperan dengan menyediakan tempat pembuangan sampah permanen,” ungkapnya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com