Anggota DPRD Medan Minta Pengalihan Pengelolaan Sampah ke Kecamatan Dimaksimalkan


96 view
Anggota DPRD Medan Minta Pengalihan Pengelolaan Sampah ke Kecamatan Dimaksimalkan
Foto Dok
Hendra DS
Medan (SIB)
Pengalihan penanganan pengelolaan sampah dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) ke pihak kecamatan dinilai belum maksimal. Wali Kota Medan didorong supaya dalam pelimpahan anggaran dan asset memberikan wewenang penuh kepada pihak kecamatan sehingga birokrasi pengadaan sarana dan prasarana lebih mudah dan terarah.

“Pemko Medan jangan setengah hati atau ragu-ragu menyerahkan tugas dan wewenang. Sehingga petugas dapat menjalankan tanggungjawab masing masing dengan maksimal,” ujar anggota DPRD Medan Hendra DS kepada wartawan, Kamis (14/10).

Disebutkannya, pengalihan wewenang ini tujuannya agar penanganan kebersihan di Medan lebih maksimal. Begitu juga soal retribusi sampah, Hendra minta Pemko Medan lebih memaksimalkan perolehan retribusi dari Wajib Retribusi Sampah (WRS).

Saat ini, banyak warga Medan yang belum dikenakan retribusi sampah. Padahal, tambah politisi Hanura itu, warga tidak keberatan membayar retribusi asal sampah diangkut tepat waktu. Bukan itu saja, iuran retribusi sampah disinyalir banyak yang jatuh ke tangan oknum tertentu. Maka, pengelolaan retribusi sampah perlu dikelola lebih baik. “Penambahan jumlah WRS masih sangat dimungkinkan,” tambah Hendra.

Selain itu, Ketua DPC Hanura Medan itu mendorong Pemko melalui kecamatan dan kelurahan agar mengadakan bank sampah. Melalui bank sampah maka nilai sampah lebih ekonomis dan kebersihan lebih terjaga. (A12/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com