Anggota DPRD Medan Minta Warga Perhatikan Instalasi Listrik Cegah Kebakaran Rumah


101 view
Anggota DPRD Medan Minta Warga Perhatikan Instalasi Listrik Cegah Kebakaran Rumah
Foto SIB/Desra Gurusinga
JELASKAN : Anggota DPRD Medan Drs Daniel Pinem memberi penjelasan kepada warga saat menggelar Sosialisasi Produk Hukum Daerah Kota Medan No.6 Tahun 2016 tentang Retribusi Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran, Minggu sore (27/11) di halaman Masjid Al-Muttaqin Jalan Bunga Turi I Kelurahan Sidomulyo Medan Tuntungan. 

Medan (SIB)

Warga Kota Medan diharapkan lebih memperhatikan kondisi instalasi listrik di rumahnya masing-masing. Berdasarkan data yang ada, arus pendek listrik merupakan hal paling sering menyebabkan terjadinya kebakaran.

“Bila instalasi listrik di rumah sudah berusia 10 tahun, mohon diperiksa. Ini penting, sebab arus pendek listrik adalah hal yang paling sering menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran,” ujar Anggota DPRD Medan Drs Daniel Pinem saat menggelar Sosialisasi Produk Hukum Daerah Kota Medan No.6 Tahun 2016 tentang Retribusi Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran, Minggu sore (27/11) di halaman Masjid Al-Muttaqin Jalan Bunga Turi I Kelurahan Sidomulyo Medan Tuntungan.

Perlu diketahui, angka kebakaran di Kota Medan cukup tinggi, mengingat Kota Medan adalah kota metropolitan yang padat penduduk. Selain memperhatikan kondisi instalasi listrik, Daniel juga meminta kepada warga agar tidak melakukan pencurian arus listrik.

“Sebab selain kondisi instalasi listrik, pencurian arus listrik ini juga yang paling sering menyebabkan kebakaran,” ujarnya dihadapan pihak perwakilan Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K), Lurah Sidomulyo Donna Octavia dan ratusan warga yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Politisi PDI Perjuangan ini juga meminta pihak kecamatan dan kelurahan untuk memperhatikan kondisi bangunan yang ada di wilayahnya masing-masing. “Jangan sampai ada bangunan yang menutup gang kebakaran. Sebab, tertutupnya gang kebakaran akan sangat menyulitkan petugas pemuda kebakaran dalam memadamkan api,” katanya.

"Sebagai anggota DPRD Medan saya menyampaikan terima kasih kepada Pemko Medan yang telah membangun UPT Dinas P2K yang ada tidak jauh dari sini, tepatnya di Pasar Induk dekat Polsek Medan Tuntungan. Dimana, UPT dan Polsek Medan Tuntungan ini merupakan usulan saya dari sejak awal hingga terealisasi ," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Dinas P2K Kota Medan Thomas Ginting mengatakan pihaknya selalu siap dalam melakukan pemadaman api setiap kali terjadinya kebakaran di Kota Medan. “Pemko Medan selalu meningkatkan pelayanannya dengan mempercepat proses kedatangan untuk memadamkan api begitu mendapatkan laporan,” katanya.

“Saat petugas datang memadamkan api, tolong beri jalan, beri ruang untuk memadamkan api. Jangan justru mengambil selang petugas dan memadamkan sendiri, sebab petugas kita sudah tahu tata cara yang harus dilakukan,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan, Dinas P2K Medan melakukan simulasi pemadaman api di hadapan warga. Selain memberi tahu cara memadamkan api yang benar, Dinas P2K Kota Medan juga turut mempraktekkan cara memadamkan api yang bersumber dari tabung gas. (A12/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com