Terkait Keluhan Masyarakat Simalungun Atas Kerusakan Jalan Provinsi

Anggota DPRD SU : Anggaran Dialihkan untuk Penanganan Covid-19


218 view
Anggota DPRD SU : Anggaran Dialihkan untuk Penanganan Covid-19
Foto Dok
Rony Reynaldo Situmorang
Simalungun (SIB)
Anggota DPRD Sumatera Utara Komisi D Dapil Siantar-Simalungun, Rony Reynaldo Situmorang mengatakan APBD Sumut banyak dialihkan untuk penanganan Covid-19, sehingga perbaikan jalan provinsi di Simalungun menjadi tertunda.

Rony menyampaikan hal itu menyikapi banyaknya kekecewaan masyarakat dan dia mohon maaf karena belum bisa memerjuangkan perbaikan infrastruktur jalan yang sudah sangat parah di Simalungun.

“Hal ini disebabkan anggaran untuk tahun 2020 dan 2021 banyak dialihkan untuk penanganan Covid-19. Pada tahun 2019 anggaran untuk Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Sumatera Utara Rp 1 trilliun. Kemudian tahun 2020 turun menjadi Rp 600 miliar dan tahun 2021 kembali turun menjadi Rp 360 miliar”, kata Rony kepada SIB, Jumat (27/8).

Anggaran Rp 360 miliar inilah yang digunakan Dinas BMBK Sumut untuk dibagikan ke 33 kabupaten/kota se-provinsi Sumatera Utara. Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun mendapat anggaran Rp 10 miliar.

Sementara di Simalungun, banyak tanah longsor yang terjadi di ruas-ruas jalan provinsi yang apabila tidak segera ditangani, akses jalan akan terputus.

Rony mengaku sesuai dari hasil Pokir (Pokok-pokok pikiran usaha dewan) bersama Mangapul Purba, Gusmiyadi, Iskandar Sinaga, Saut Bangkit Purba, Rusdi Lubis, Franky Partogi Sirait dan Hj Hidayah Herlina Gusti, untuk tahun 2021 anggaran APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Sumut ada beberapa kegiatan yang telah berhasil diperjuangkan, yaitu pembangunan jembatan Tanah Jawa Rp 10 miliar, pembangunan turap, talun dan bronjong di lima titik di Simalungun untuk penanganan jalan longsor Rp 6,5 miliar, turap, talun bronjong di Tanjung Pasir Rp 2,5 miliar, pembangunan drainase di Sondi Rp 4,5 miliar serta peningkatan jalan jurusan Simpang Raya Dasma-Tigaras sepanjang 4,5 kilometer Rp 17,2 miliar.

Jadi untuk Kabupaten Simalungun mendapat anggaran dari APBD Sumut mencapai Rp 30 miliar lebih untuk pembangunan infrastruktur jalan.

"Mudah-mudahan nanti anggaran APBD Sumut tidak lagi untuk penanganan Covid-19. Sehingga infrastruktur jalan bisa segera ditangani. Tahun 2022 mendatang jalan Siantar-Perdagangan, Siantar-Mandogei dan Siantar-Raya akan menjadi fokus utama DPRD SU untuk diperbaiki dan dilanjutkan peningkatan jalan Simpang Raya Dasma-Tigaras”, ungkapnya.(D10/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com