Anggota DPRD SU Desak Menkeu Segera Cairkan Insentif Nakes


135 view
Anggota DPRD SU Desak Menkeu Segera Cairkan Insentif Nakes
Foto Dok
Viktor Silaen SE MM
Medan (harianSIB.com)

Anggota Komisi E DPRD Sumut Viktor Silaen mendesak Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani untuk segera mencairkan dana insentif tenaga kesehatan (nakes) yang sudah dialokasikan di APBN 2021 sebesar Rp8,85 triliun secara merata ke seluruh provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.

"Dari Rp8,85 triliun insentif nakes yang telah dialokasikan di APBN TA 2021, baru terealisasi disalurkan ke daerah per Juli 2021 Rp2,09 triliun untuk 375.000 nakes, sehingga banyak nakes di daerah belum mendapatkan dana insentif," ujar Viktor Silaen kepada jurnalis koran SIB Firdaus Peranginangin, Selasa (27/7/2021), melalui telepon seusai berkonsultasi dengan Komisi VIII DPR RI yang membidangi Kesra di Jakarta.

Berkaitan dengan itu, anggota FP Golkar ini mendesak Menkeu untuk bergerak cepat mencairkan anggaran tersebut ke daerah secara merata, guna memenuhi hak-hak nakes selaku garda terdepan dalam penanganan pasien yang terpapar Covid-19.

"Kita juga berharap kepada Pemprov Sumut maupun kabupaten/kota se-Sumut yang belum memperoleh kucuran dana insentif nakes ini, untuk menjemput bola ke pemerintah pusat, agar bisa secepatnya dicairkan kepada yang berha. Sehingga tidak ada lagi keluhan nakes belum mendapat insentif, seperti nakes di Kabupaten Simalungun, Langkat dan Dairi," kata Viktor.

Viktor bahkan menyarankan kepada Pemprov Sumut dan pimpinan DPRD Sumut menemui Kemenkeu dan Kemenkes di Jakarta untuk menjemput bola mempercepat pencairan dana insentif nakes yang sudah dialokasikan di APBN 2021, mengingat nakes di sejumlah kabupaten/kota di Sumut, seperti Simalungun, Dairi dan Langkat belum menerima dana insentif tersebut.

Viktor juga mengatakan penyaluran intensif nakes tersebut sangat rawan disalahgunakan oleh oknum tertentu, sehingga perlu dilakukan pengawasan secara ketat oleh aparat penegak hukum.

"Semua pihak sebaiknya ikut mengawal secara ketat penyaluran insentif nakes tersebut, guna mencegah praktik penyimpangan. Di sini dibutuhkan peran seluruh elemen masyarakat untuk mengawalnya, agar penyalurannya tidak terjadi penyimpangan," kata Viktor. (*)

Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com