Tidak Dukung Paslon dari PDIP

Anggota DPRD Samosir Romauli Panggabean Dipecat


1.171 view
Anggota DPRD Samosir Romauli Panggabean Dipecat
Foto Dok
Anggota DPRD dari PDIP Romauli Panggabean
Samosir (SIB)
Anggota DPRD Samosir Romauli Panggabean dipecat DPP PDIP dari keanggotaan partai, karena tidak mendukung pasangan calon (Paslon) yang diusung PDIP pada Pilkada 9 Desember 2020.

Sebelumnya ketua DPRD Samosir periode 2014-2019 dan juga anggota DPRD periode 2019-2024 dipecat dari keanggotaan DPC PDI-P Samosir dan langsung disusul dengan surat Pergantian Antar Waktu (PAW) ke lembaga legislatif. Kali ini, anggota DPRD Samosir Romauli Panggabean juga dipecat dari PDIP.

Romauli Panggabean legislatif Samosir itu, dipecat DPP PDIP dari keanggotaan partai dan pada surat pemecatannya, ia dilarang melakukan kegiatan dengan mengatasnamakan partai.

Pemecatan istri Sekdakab Samosir Jabiat Sagala itu, tercantum dalam Surat Keputusan DPP PDIP nomor: 90/KPTS/DPP/III/202, tertanggal 15 Maret 2021 ditandatangani Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto.

Alasan pemecatan dituangkan pada SK DPP, karena Romauli melanggar kode etik dan disiplin PDIP, yakni tidak mendukung paslon Bupati Samosir yang diusung PDIP Rapidin Simbolon-Juang Sinaga pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu.

Ketika itu, Paslon petahana Rapidin-Juang "RAPBERJUANG" kalah suara melawan pasangan Vandiko Timotius Gultom-Martua Sitanggang "VANTAS".

Romauli Panggabean sebagai Wakil Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Samosir dan anggota DPRD Samosir periode 2019-2024, dituding tidak mengindahkan instruksi partai dan mendukung Paslon lain.

Dengan alasan itu, sesuai SK DPP PDI-P, Romauli dinilai melawan keputusan dan garis kebijakan partai. Hal itu merupakan pelanggaran kode etik dan displin partai, yang dikategorikan sebagai pelanggaran berat.

Romauli Panggabean yang dikonfirmasi wartawan, Sabtu (20/3) di Pangururan, mengatakan masih mempelajari masalah pemecatannya. "Mohon dukungannya ya, kita masih mempelajari keputusan ini," ungkapnya.

Informasi dihimpun, setelah Rismawati Simarmata dan Romauli Panggabean, beredar wacana di kalangan masyarakat Samosir, akan ada pemecatan susulan dari partai yang sama.

Bahkan surat rekomendasi pemecatan telah disampaikan ke DPD Sumatera Utara dan DPP di Jakarta. (G2/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com