Anggota DPRD Sumut Dorong Pemprov Sumut Kaji Ulang Peraturan Daya Tampung dan Status Danau Toba


193 view
Anggota DPRD Sumut Dorong Pemprov Sumut Kaji Ulang Peraturan Daya Tampung dan Status Danau Toba
Foto: SIB/Linggom Parhusip
BERDIALOG: Anggota DPRD Sumut Gusmayasi saat berbincang-bincang dengan petani KJA di Dusun Panahatan Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Jumat (24/6). 

Parapat (SIB)

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara Komisi B Gusmayadi mengatakan, akan mendorong Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemrov Sumut) meninjau ulang daya tampung produksi ikan pertahun dan status perairan Danau Toba.


Demikian disampaikannya saat kunjungan lapangan ke Dusun Panahatan Nagori (Desa) Sibanganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun berapa hari lalu.


"Kita akan mendorong Pemprov Sumut mengkaji ulang Peraturan Gubernur Sumatera Utara No 188.44/213/KPTS/2017 tentang Daya Tampung Danau Toba dengan produksi ikan 10 ribu ton pertahun dan rencana status perairan Danau Toba dengan tujuan agar kebersihan airnya bisa dikonsumsi masyarakat (oligotrofik)," ujar Gumasyadi.


Gusmayadi, mengatakan, peraturan Gubernur Sumut tentang daya tampung perikanan Danau Toba akan semakin mempersulit perekonomian ribuan masyarakat di pesisir di pantai Danau Toba yang perekonomiannya saat masih tergantung pada perikanan dengan sistim Keramba Jaring Apung (KJA).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com