Anggota DPRD Sumut Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di SMKN 2 Tanjungbalai


177 view
Anggota DPRD Sumut Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di SMKN 2 Tanjungbalai
Foto: harianSIB.com/Regen Silaban
PAPARKAN: Anggota DPRD Sumut Ebenejer Sitorus SE saat memaparkan Perda No 1 tahun 2019 tentang fasilitasi pencegahan Narkoba di SMKN 2 Tanjungbalai, Jumat (8/10).
Tanjungbalai (SIB)
Anggota DPRD Sumut, Ebenejer Sitorus SE menggelar sosialisasi Perda (Sosper) No 1 tahun 2019 tentang fasilitas pencegahan penyalahgunaan narkoba di SMKN 2 Tanjungbalai, Jumat (8/10).

Sosper narkoba itu dihadiri Kepala SMKN 2 Tanjungbalai Yuyun Novita Sinaga, dan narasumber Kepala BNNK AKBP Magdalena Sirait, dengan peserta guru-guru dan siswa SMKN 2 Tanjungbalai.

Ebenejer Sitorus menyampaikan bahwa sosialisasi Perda itu bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat mengenai peran serta masyarakat dalam mencegah penyalahgunaan narkoba.

"Di Bab IX dalam Perda itu terdapat peran serta masyarakat. Harapan kita, Sosper ini membangkitkan semangat seluruh masyarakat untuk berperan aktif, mencegah penyalahgunaan narkoba. Melalui sosper ini masyarakat dapat memahami bahaya narkoba, serta rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba "ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan Ebenejer, DPRD Sumut saat ini sedang berjuang untuk memfollow-up Sosper narkoba tersebut, yaitu dengan menjadikan rencana kerja DPRD Sumut dan membuat anggaran untuk program desa bersih narkoba (Bersinar) di Sumut.

"Saya dan anggota DPRD Sumut telah berjuang, bagaimana follow up Sosper ini. DPRD Sumut telah membahas dalam rencana kerja, seperti program Desa Bersinar mengikuti program BNN. Kita akan perjuangkan untuk membuat anggaran 500 desa Bersinar melalui APBD Sumut. Hal ini mengingat bahwa Provinsi Sumut peringkat pertama penyalahgunaan narkoba di Indonesia. Untuk itu, mari kita bersama menyatakan komitmen untuk bersama memerangi narkoba, "ucapnya seperti dilansir dari harianSIB.com.

Untuk itu, sambungnya, mari seluruh guru dan siswa tekadkan supaya menjadi relawan penyalahgunaan narkoba minimal dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan masing-masing. "Di tangan anak sekolah, masa depan negara ini. Jauhi narkoba, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa sehat," pungkasnya.

Senada juga disampaikan, Kepala BNNK AKBP Magdalena Sirait diakhir pemaparan materinya, meminta tekad dan komitmen dari guru-guru dan siswa untuk memerangi narkoba mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan masing-masing.

“Kami berharap, melalui pemaparan materi tentang Perda narkoba ini kita bisa memahami bagaimana itu narkoba, mulai dari jenis, dampak hingga rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba. Kepada seluruh siswa, tekadkan komitmen dengan menyatakan perang terhadap narkoba, "pungkasnya.

Pemaparan materi dari Kepala BNNK Tanjungbalai diwarnai dengan sesi diskusi dan tanya jawab dengan guru-guru dan siswa, seputar tentang pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN). (SS16/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com