Anggota DPRD Sumut Tinjau Lokasi Bencana Banjir dan Longsor di Baktiraja


265 view
Anggota DPRD Sumut Tinjau Lokasi Bencana Banjir dan Longsor di Baktiraja
(Foto: Dok/Sahat M Sihite)
LOKASI LONGSOR: Anggota DPRD Sumut Pantur Banjarnahor meninjau lokasi banjir dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Sabtu (2/12). 
Humbahas (SIB)
Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Pantur Banjarnahor meninjau lokasi bencana banjir dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Sabtu (2/12).
Berdasarkan hasil pantauannya, politikus Partai PDI Perjuangan tersebut, mendorong Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) segera mengambil langkah khusus dalam menangani permasalahan tersebut.
“Saya mendorong Pemkab Humbahas dan jajaran dinas terkait untuk segera menangani daerah yang kritis banjir juga longsor, karena khawatir akan terjadi curah hujan susulan dan cuaca ekstrem,” kata Pantur.
Lebih lanjut Pantur mengatakan, akibat fenomena alam yang terjadi, semua stakeholder harus dilibatkan, rumah penduduk perlu direlokasikan, sehingga pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten harus berkolaborasi mengatasi bencana.
“Hampir seluruh akses menuju Kecamatan Baktiraja rawan longsor. Pemerintah harus siaga menghindari banjir dan longsor di musim hujan. Banyak drainase yang tidak berfungsi dengan baik. Pemerintah dan masyarakat harus bekerjasama menjaga lingkungan pemukiman agar terhindar dari berbagai ancaman”, kata Pantur
Berdasarkan data sementara yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Humbahas, terdapat 14 rumah rusak parah, 1 orang meninggal dunia dan 11 orang belum ditemukan.
Pantur mengimbau masyarakat agar tetap siaga bencana, karena khawatir ada banjir dan longsor susulan akibat cuaca masih mendung yang berpotensi turun hujan. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com