Angka Stunting Agara 34,1 Persen, Urutan 13 di Aceh


380 view
Angka Stunting Agara 34,1 Persen, Urutan 13 di Aceh
Foto SIB/Armentoni Munthe
Foto Bersama : Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd, foto bersama dengan Dandim 0108/Aceh Tenggara, Letkol Inf Muhammad Sujoko, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Perlindungan Perempuan dan  Anak (PPKB dan PPA) Kabupaten Aceh Tenggara, Budi Afrizal SKM MKM, Bidan dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Aceh Tenggara, pada acara rapat koordinasi Satgas percepatan penurunan stunting Aceh, di Oproom Setdakab setempat, Selasa (22/11). 

Kutacane (SIB)

Berdasarkan hasil Status Gizi Indonesia (SGI) tahun 2021, prevalensi stunting Kabupaten Aceh Tenggara ( Agara) 34,1 persen, berada di urutan ke -13 di Aceh.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd pada acara rapat koordinasi Satgas percepatan penurunan stunting Aceh bersama TNI, Bidan dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga(TP-PKK) Kabupaten Aceh Tenggara, di Oproom Setdakab setempat, Selasa (22/11).

Dikatakannya, untuk menurunkan angka stunting di Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Tenggara, pihaknya sengaja melibatkan pihak TNI.

TNI memiliki Babinsa di desa, bisa bekerja sama dengan Tim Pendamping Keluarga(TPK) yang ada di desa dan agar saling berkoordinasi, ketika ada mungkin problem di desa tidak mampu ditangani Tim Pendamping Keluarga yang terdiri dari ibu Bidan, PKK Desa, kader KB desa, maka Babinsa bisa turun tangan.

Harapan kita, angka strunting di Aceh Tenggara pada tahun 2022 ini bisa turun 5 persen sehingga tinggal 29 persen, kemudian tahun 2023 nanti kita turunkan lagi 6 persen, tinggal 23 persen, dan pada tahun 2024 terakhir sebagai target kita 14 persen.

"Insya Allah, kita optimis, stunting di Aceh Tenggara bisa kita turunkan," pungkas Sahidal.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPKB dan PPA) Kabupaten Aceh Tenggara, Budi Afrizal SKM MKM kepada SIB menuturkan, pihaknya terus melakukan pendampingan dan berupaya untuk percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Aceh Tenggara.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com