Antisipasi Banjir, Warga Gotong Royong Bersihkan Drainase di Jalan Apel Tanjungbalai


135 view
Antisipasi Banjir, Warga Gotong Royong Bersihkan Drainase di Jalan Apel Tanjungbalai
(Foto: harianSIB.com/Regen Silaban)
GOTONG ROYONG: Warga bergotong royong memperbaiki dan membersihkan saluran air di Jalan Apel Lingkungan X Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar Tanjungbalai, Rabu (20/10/2021).
Tanjungbalai (harianSIB.com)
Mengantisipasi banjir di tengah musim hujan saat ini, warga bergotongroyong membersihkan saluran air (drainase) di Jalan Apel Lingkungan X Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar, Tanjungbalai, Rabu (20/10/2021).

Gotong royong tersebut inisiatif masyarakat setempat mengingat kondisi drainase di daerah tersebut sudah lama rusak, sehingga telah tersumbat sampah, serta tanah dan tidak bisa berfungsi untuk mengalirkan air.

Monang Siburian (52), warga setempat yang ikut bergotongroyong mengatakan, warga di daerah itu melakukan perbaikan drainase karena kondisi saluran air yang sudah rusak, tumpat dan tertimbun sampah. Sehingga jika musim penghujan seperti sekarang ini, air meluap dan menggenangi jalan.

"Warga yang tinggal di Jalan Apel ini berinisiatif memperbaiki drainase yang sudah lama rusak dan tersumbat sampah, yang berdampak terhadap kondisi jalan sering tergenang air karena saluran tidak berfungsi mengalir. Seperti jika musim hujan seperti ini, air mengendap, " ucap Monang.

Dikatakannya, pemerintah sudah semestinya melakukan pembangunan drainase di sepanjang jalan tersebut, serta meneruskan pembangunan jalan itu, karena mengingat jalan itu salah satu jalan menuju Jalan Lingkar Tanjungbalai.

"Jalan Apel ini bisa tembus ke jalan Lingkar. Namun sampai saat ini belum bisa dilalui karena jalannya juga masih belum dibangun seluruhnya. Ditambah lagi drainase jalan ini juga belum ada. Jalan yang saat ini ada juga bisa dibangun pemerintah setelah kami ajukan permohonan melalui proposal melalui reses DPRD Tanjungbalai," katanya.

Untuk itu warga berharappm Pemerintah Kota Tanjungbalai memperhatikan kondisi jalan di daerah itu dan segera membangun jalan tersebut agar aktivitas masyarakat bisa berjalan lancar.

"Mudah-mudahan pemerintah segera memperhatikan kondisi daerah kami ini. Kalau bisa dibangun lah jalan dan drainase sampai tembus ke Jalan Lingkar Tanjungbalai," ucap Maruli Sitohang (45) bersama Pak Riski, Pak Harianja warga lainnya sembari bergotongroyong . (*)

Penulis
: Regen Silaban
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com