Antisipasi Covid-19, Lapas Lubukpakam Terapkan Sistem Titip Barang dan Kunjungan Virtual


307 view
Antisipasi Covid-19, Lapas Lubukpakam Terapkan Sistem Titip Barang dan Kunjungan Virtual
Foto: Dok/Humas Lapas Lubukpakam
TITIPAN BARANG: Keluarga WBP menyaksikan barang yang sudah dititip sampai ke tangan WBP melalui layanan monitor CCTV, baru-baru ini di Lapas Lubukpakam.

Lubukpakam (SIB)

Mengantisipasi masuknya virus corona (Covid-19) ke dalam lingkungan WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan), layanan publik Lapas Kelas IIB Lubukpakam menerapkan “Silaras Tiba” (Sistem layanan transparansi titipan barang) dan “Si Juan Viral” (Sistem kunjungan virtual), memenuhi hak WBP dan keluarganya.


Aturan itu disampaikan Kalapas Lubukpakam, Hudi Ismono melalui Kasubsi Portatib (Pelaporan dan tata tertib), RF Sianturi kepada SIB, Jumat (21/5) di Lapas Lubukpakam. Kedua sistem layanan itu adalah gratis dan dilayani sejak 8 Mei 2021.


Mekanisme “Silaras Tiba” adalah penitip barang dapat melihat langsung melalui monitor TV dari rekaman CCTV di ruang tunggu, bahwa barang yang dititipkan itu diambil langsung oleh WBP selaku penerima barang.


Layanan “Si Juan Viral” adalah layanan bagi keluarga yang tidak memiliki handphone android. Setelah mendaftar untuk kunjungan online di ruang pendaftaran Lapas Lubukpakam, secara antri keluarga WBP dapat berkomunikasi secara virtual dengan WBP dengan di layar komputer dilengkapi headset.


Selain layanan itu, kamar hunian WBP dan ruangan perkantoran disemprot disinfektan secara rutin, serta memberikan vitamin dan melaksanakan senam kebugaran kepada seluruh WBP.


“Pegawai Lapas yang hendak bertugas tetap disterilkan melalui bilik sterilisasi dan memeriksa suhu tubuh,” jelas RF Sianturi. (C1/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com