Antisipasi Gagal Panen, Warga Tigabolon Berburu Tikus


260 view
Antisipasi Gagal Panen, Warga Tigabolon Berburu Tikus
Foto Dok/Warga Simangunsong
BERBURU : Tampak masyarakat dusun Tara Bunga Nagori Tigabolon Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun bersemangat untuk berburu tikus di areal persawahan, Sabtu(16/10).
Tigabolon (SIB)
Guna mengantisipasi gagal panen akibat serangan hama, masyarakat Dusun Tarabunga Nagori Tigabolon Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun berburu tikus di areal persawahan, Sabtu(16/10).

R Pardede salah satu warga saat ditemui SIB mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi serangan hama tikus yang kerap membuat tanaman padi masyarakat Tigabolon gagal panen.

Diakuinya, masyarakat Tigabolon kerap mengalami gagal panen karena serangan hama tikus yang sangat mengerikan tanpa menyisakan sedikit pun tanaman padi. "Padahal, masyarakat selalu berburu tikus sebelum menanam padi. Namun tetap saja tanaman padi diserang hama tikus", keluhnya.

Sementara H Simanjuntak menuturkan sejak tiga musim belakangan ini tanaman padi selalu gagal panen karena serangan hama tikus.

"Kami tidak tahu lagi bagaimana caranya untuk membasmi hama tikus ini, mulai dari berburu tikus bersama masyarakat maupun menggunakan racun tikus telah dilakukan tapi tetap saja tanaman padi diserang", keluhnya.

Mereka berharap agar dinas pertanian bisa lebih peduli dan memberikan perhatian penuh dalam membantu para petani yang gagal panen, ungkapnya.

Terpisah Pangulu Tigabolon Marisno Sitio SP mengaku bahwa masyarakat Nagori Tigabolon seperti Dusun Tarabunga kerap mengalami gagal panen akibat serangan hama tikus yang sangat mengerikan.

Oleh karena itu, ke depan dirinya akan menerapkan tertib pola tanam serentak di Nagori Tigabolon guna mengantisipasi gagal panen karena serangan hama tikus, tutupnya.(D10/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com