Antisipasi Karhutla di Perbatasan Riau-Sumut Meluas, Polsek Panai Tengah Bantu Pemadaman


89 view
Foto: Dok/Polsek Panai Tengah
BANTU PEMADAMAN: Personil Polsek Panai Tengah, Kapolsubsektor Malindo Aiptu CTJ Simamora membantu tim pemadaman Karhutla dari Polsek Pasir Limau Kapas Polres Rokan Hilir Riau, memadamkan kebakaran lahan warga di Pasir Limau Kapas dengan Dusun Sirau 13 Desa Selatbeting Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu, Sumut, Rabu-Kamis (24-25/2).
Labuhanbatu (SIB)
Polsek Panai Tengah Polres Labuhanbatu membantu tim pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, memadamkan api yang membakar lahan masyarakat di daerah perbatasan wilayah itu dengan Dusun Sirau 13 Desa Selatbeting Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan-batu, Sumatera Utara, Rabu-Kamis (24-25/2).

"Personil bergerak cepat turun ke lokasi kebakaran dan langsung bergabung dengan tim pemadaman dari Polsek Limau Kapas memadamkan kebakaran lahan di daerah perbatasan, untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran lahan tersebut hingga ke Dusun Sirau 13 Desa Selatbeting," kata Kapolsek Panai Tengah AKP Rusdi Koto kepada sejumlah wartawan melalui WhatsApp, Jumat (26/2).

Kapolsek menjelaskan, awalnya dari pantauan visual digital Lanan Fair Hotspot, titik api terpantau pada kordinat 2.308594, 100.320139 satelit SNPP/VIIRS, berlokasi di Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu.

"Dengan gerak cepat saya memerintahkan Kapolsubsektor Malindo Aiptu CTJ Simamora mengecek lokasi dan mendatangi lahan yang terbakar, Rabu (24/2). Setelah dilakukan pengecekan, ternyata lahan yang terbakar berada di wilayah hukum Polsek Pasir Limau Kapas, Polres Rokan Hilir, Polda Riau, yang berbatasan langsung dengan Dusun Sirau 13 Desa Selatbeting," sebut Kapolsek.

Selanjutnya, Aiptu CTJ Simamora bergabung dengan tim pemadam Karhutla terdiri dari 7 personil Polsek Pasir Limau Kapas, dibantu 3 Babinsa Koramil Pasir Limau Kapas dan pemerintah Desa Pasir Limau Kapas dipimpin langsung Kapolsek Pasir Limau Kapas Iptu Boy Setiawan, berjibaku menyemprot api yang marak membakar lahan masyarakat seluas 3 hektar.

"Lahan yang terbakar milik warga setempat, Fahuni Gulo seluas lebih kurang 3 hektare. Pemadaman kobaran api dilakukan dengan kerjasama bahu membahu secara bergantian menggunakan alat mesin pompa air dan api sudah padam pada Kamis.

Jadi, walaupun lokasi kebakaran itu di luar wilayah Polsek Panai Tengah, namun kita bersama personil siap berjibaku, bahu membahu memadamkan Karhutla, apalagi kebakarannya di wilayah perbatasan. Kita mengantisipasi jangan sampai kebakaran meluas hingga ke wilayah kita," ujarnya. (BR6/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com