Antisipasi Kasus Rabies, DPRD Sumut Minta Dinas Peternakan Siapkan Vaksin Rabies


320 view
Antisipasi Kasus Rabies, DPRD Sumut Minta Dinas Peternakan Siapkan Vaksin Rabies
Net/harianSIB.com
Ratusan hewan peliharaan masyarakat akan lakukan suntik vaksin rabies. 
Simalungun (SIB)
Guna mengantisipasi kasus rabies yang sampai menelan korban jiwa, Anggota DPRD Sumatera Utara dapil Siantar-Simalungun Gusmiyadi meminta Dinas Peternakan Kabupaten dan Kota menyiapkan vaksin rabies yang akan disuntikkan ke seluruh hewan peliharaan masyarakat seperti anjing dan kucing, katanya kepada wartawan, Jumat (21/7).
Disebutkannya, saat ini penyakit rabies pada hewan peliharaan kembali meningkat dan telah menelan korban jiwa akibat gigitan hewan peliharaan. Karena itu, upaya pengendalian harus dilakukan untuk menekan penyebaran virus berbahaya ini.
Gusmiyadi mengatakan dengan adanya informasi bahwa penyakit rabies telah meningkat disejumlah Kabupaten dan Kota, seharusnya menjadi alarm buat seluruh pemerintahan di Sumatera Utara melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan dengan menyediakan vaksin rabies.
Sejak April 2023 yang lalu, ribuan orang di Indonesia terinfeksi mengalami gejala rabies dan sekitar 95 persen kasus rabies pada manusia didapatkan lewat gigitan atau cakaran hewan peliharaan sepeti anjing yang terinfeksi rabies sehingga perlu penanganan yang serius.
Hal Ini tentu sudah menjadi alasan kuat untuk kita menganggarkan segera mungkin menggunakan alokasi anggaran yang sifatnya darurat untuk mengakses vaksin agar bisa segera didistribusikan dan dilakukan koordinasi melekat pada seluruh Kabupaten dan Kota untuk pencegahan virus rabies ini.
Pemerintah melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan harus hadir ditengah-tengah masyarakat untuk melakukan vaksin hewan peliharaan masyarakat seperti anjing, kucing, monyet dan hewan peliharaan lainya yang bisa menularkan virus rabies khususnya dikawasan yang populasinya tinggi.
Selain itu, dia juga meminta kepada instansi terkait untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya penyakit rabies dan jangan lagi ada kata tak ada anggaran, "Pemerintah harus mengutamakan kesehatan masyarakat, katanya.
Kendati demikian, Gusmiyadi juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk segera memvaksin hewan peliharaannya agar terbebas dari virus rabies, ungkapnya. (D10/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com