Antisipasi Tindak Kriminal, TNI-Polri Patroli Skala Besar di Pematangsiantar-Simalungun


129 view
Antisipasi Tindak Kriminal, TNI-Polri Patroli Skala Besar di Pematangsiantar-Simalungun
Foto Dok/Humas Polres Simalungun
PATROLI : Polres Simalungun bersama Kodim 0207/Simalungun melaksanakan patroli skala besar, Jumat (23/7) malam.
Pematangsiantar (SIB)
Polres Pematangsiantar bersama TNI dan dinas terkait menggelar patroli skala besar di wilayah kota Pematangsiantar, Jumat (23/7) malam.

Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, menyatakan patroli gabungan itu guna menindaklanjuti instruksi Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan petunjuk Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak dalam kesiapan Polres Pematangsiantar dengan instansi terkait mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas dan pencegahan Covid-19.

Dalam pelaksanaanya kata Boy, petugas memberikan himbauan persuasif dan simpatik kepada masyarakat yang berkerumun serta membagikan masker dan bantuan pangan berupa beras kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid 19.

Ia meminta semua personel tetap mengutamakan keselamatan dalam melaksanakan tugas, karena semua upaya yang dilakukan demi keselamatan masyarakat. "Semoga penyebaran Covid-19 khususnya di kota Pematangsiantar menurun, sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas," pungkasnya.

Perlu diketahui, patroli skala besar TNI-Polri itu dipusatkan di beberapa lokasi di antaranya di Jalan Sutomo-Merdeka, Jalan Kartini, Jalan D.I Panjaitan, Jalan MH Sitorus, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ade Irama Suryani dan Jalan Cokro.

Polres Simalungun
Polres Simalungun bersama Kodim 0207/Simalungun juga melaksanakan patroli skala besar, Jumat (23/7) malam. Tujuannya untuk mengantisipasi tindakan kriminal jalanan serta memberikan rasa aman dan ketenangan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Patroli ini merupakan tindak lanjut atas instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta petunjuk dan arahan dari Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak," kata Kabag Ops Polres Simalungun, Kompol Suriyanto, Sabtu (24/7).

Dia menyampaikan, selain instruksi pimpinan, patroli juga menunjukkan kesiapan Polres Simalungun dalam antisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas serta penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Kita juga memantau kegiatan masyarakat yang mengakibatkan kerumunan pada malam hari dan patroli ke daerah rawan terjadinya tindak pidana jalanan di wilayah hukum Polres Simalungun," ujarnya.

Dalam pelaksanaan patroli, personel bertindak humanis dan persuasif dalam menyampaikan himbauan Kamtibmas serta pendisiplinan Prokes kepada masyarakat. Kuat personel sebanyak 30 orang dari Polres dan 20 personel Kodim.

"Personel saat melakukan kegiatan selalu mengutamakan keselamatan dan menjadikan tugas itu sebagai ladang ibadah," kata Kabag Ops. (R12/D5/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com