Antisipasi Wabah PMK, Dinas Peternakan Gelar Operasi Kendaraan Pembawa Ternak


182 view
Antisipasi Wabah PMK, Dinas Peternakan Gelar Operasi Kendaraan Pembawa Ternak
Foto: Dok/Januar Simanjuntak
PERIKSA: Kepala dinas Peternakan dan Hewan Asahan drh Yusnani saat memeriksa surat keterangan salah satu kendaraan membawa ternak, Sabtu (25/6) malam, di Pos Cek Point di Kecamatan Meranti. 

Kisaran (SIB)

Dinas peternakan menggelar rutin operasi kendaraan yang membawa ternak masuk, keluar serta melintas dari Asahan, Sabtu (25/6) malam, di Pos Cek Point Kecamatan Meranti. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kadis Peternakan dan Hewan drh Yusnani didampingi Kabid Kesmavet Lucy Hutapea beserta Kabid Perbibitan Refni Dewita.


Yusnani saat dikonfirmasi wartawan dilokasi kegiatan mengatakan, bahwa kegiatan tersebut rutin digelar selama 24 jam di tiga pos cek poin yang ada di Asahan.


Dijelaskannya, bahwa setiap kendaraan yang membawa ternak harus disertai dua surat keterangan. Diantaranya, surat keterangan desa yang direkomendasi oleh kades atau lurah untuk memastikan bahwa itu bukan ternak curian.


Kemudian, lanjutnya, surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) menyatakan hewan ternak yang dibawa dalam kondisi sehat. Surat keterangan itu merupakan pedoman para pengendara untuk sampai ketujuan.


"Surat keterangan yang dibawa pengendara akan di cek di aplikasi Isikhnas yang terdata langsung ke pusat. Surat keterangan tersebut merupakan pegangan pengendara untuk sampai ketempat yang dituju. Memang ada juga beberapa kendaraan tidak dapat menujukkan surat keterangan. Sanksinya harus putar balik alias tidak dapat melintas," jelasnya.


Dikatakannya, tidak jarang beberapa pengendara nakal langsung tancap gas ketika akan diberhentikan oleh petugas. Bukan cuma itu saja, katanya, petugas juga pernah menjaring mobil bus yang membawa penumpang kedapatan mengangkut belasan hewan ternak kambing dimasukkan dalam karung dan diletakkan pada bagasi atas.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com