Ashari Tambunan Kunjungi Korban Bencana Angin Puting Beliung di Patumbak


322 view
Ashari Tambunan Kunjungi Korban Bencana Angin Puting Beliung di Patumbak
Foto: Dok/Kominfo DS
KUNJUNGI: Bupati Deliserdang, H Ashari Tambunan mengunjungi korban angin puting beliung di Desa Patumbak Kampung dan Marendal I, Kecamatan Patumbak, Senin (21/2/2022). 

Patumbak (harianSIB.com)

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan mengunjungi korban angin puting beliung di Desa Patumbak Kampung dan Marendal I, Kecamatan Patumbak, Senin (21/2/2022), usai menghadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022, di Kecamatan STM Hilir.

Di Desa Patumbak Kampung, Ashari Tambunan melihat korban luka-luka, Muhammad Haraja (7) dan Asyifa Humairah (4).

Dari Desa Patumbak Kampung, Ashari melanjutkan kunjungannya ke Desa Marindal I. Di lokasi tersebut, ia melihat dan bercengkerama dengan para korban, salah satunya Suryani.

Kepada Ashari, Suryani menceritakan hujan deras disertai angin kencang (puting beliung), terjadi sekira pukul 15.30 WIB, Minggu (20/2/2022). "Tidak terlalu lama Pak, sekitar setengah jam (30 menit)," kata Suryani.

Meski hanya berlangsung singkat, hujan deras dan puting beliung begitu dahsyat. Karena perasaannya tak enak, Suryani yang bekerja sebagai tukang masak di salah satu pesantren, memilih untuk pulang.

"Perasaan saya kurang enak. Apalagi anak di rumah. Pas saya pulang, atap rumah sudah tidak ada Pak Bupati," tutur Suryani.

Setelah mendengar cerita dari para korban, Ashari kemudian menginstruksikan Camat Patumbak Syahdin Setia Budi Pane untuk berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan para korban.

Sementara itu, Syahdin Setia Budi melaporkan bencana angin puting beliung yang melanda wilayahnya, Minggu (20/2/2022), menyebabkan 138 rumah warga rusak.

Kerusakan terparah dan terbanyak terjadi di Desa Marindal I, sekitar 126 rumah. Kemudian, Desa Patumbak Kampung sebanyak 8 rumah dan di Desa Sigara-gara 4 rumah.

Pemerintah Kecamatan Patumbak bersama desa terdampak, bergerak cepat dengan mendirikan posko bencana puting beliung, mendata dan memverifikasi kerusakan rumah, serta menyalurkan bantuan berupa mi instan, beras, telur, minyak goreng, gula dan teh. (*)

Penulis
: Tumpal Manik
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com