Asisten Deputi KPPPA Laksanakan VLH di Simalungun


169 view
Asisten Deputi KPPPA Laksanakan VLH di Simalungun
Foto: SIB/Hasudungan Siahaan
FOTO BERSAMA: Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (lima dari kanan), foto bersama dengan unsur Forkopimda, usai mengikuti VLH di Sapadia Hotel Pematangsiantar, Selasa (28/6). 

Simalungun (SIB)

Asisten Deputi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) Robert Parlindungan Sitinjak pada acara pelaksanaan VLH dan evaluasi KLA secara virtual, Selasa (28/6) di Sapadia Hotel, mendorong seluruh instansi terkait mewujudkan kabupaten/ kota seluruh Indonesia menjadi KLA dan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.


VLH (Verifikasi Lapangan Hybrid) dan Evaluasi KLA (Kabupaten Layak Anak) dikatakan bukan perlombaan, tetapi merupakan kewajiban mewujudkan amanah UUD tahun 1945 yang dipertegas dengan Perpres Nomor 25 tahun 2021 tentang kebijakan KLA, diharapkan bisa tercapai tahun 2030.


Seluruh tindakan meliputi 5 kluster dalam pemenuhan kebutuhan hak anak diminta agar diarsipkan. Dokumentasi berkas dapat disimpan tim gugus tugas KLA.


Pada acara tersebut, Robert Parlindungan Sitinjak bersama timnya, membuka interaksi komunikasi langsung dengan beberapa pihak dari berbagai instansi/ lembaga seperti Pengadilan Agama, Polres Simalungun, KUA, Kejaksaan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, P3A Kabupaten, dunia usaha dan media untuk mengetahui kegiatan yang sudah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan anak.


Memberikan perlindungan bagi anak, terutama terjadinya kasus kekerasan seksual, diminta, agar tidak pernah diselesaikan dengan perdamaian. Tetapi, pelaku tindak kekerasan itu harus dihukum sesuai dengan perbuatannya


Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya menyebutkan, kegiatan VLH merupakan koreksi yang akan meningkatkan komitmen dan kinerja penyelenggaraan perlindungan anak di Kabupaten Simalungun.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com