DPRD SU Minta Dinkes dan Satgas

Awasi Ketat Pengidap Covid-19 Jangan Sampai Berkeliaran di Mall


101 view
Awasi Ketat Pengidap Covid-19 Jangan Sampai Berkeliaran di Mall
Foto Dok/dr Poaradda Nababan SpB
Anggota Komisi E DPRD Sumut, dr Poaradda Nababan SpB
Medan (SIB)
Anggota Komisi E DPRD Sumut dr Poaradda Nababan SpB meminta Dinkes (Dinas Kesehatan) dan Satgas Covid-19 Sumut mengawasi secara ketat yang positif Covid-19 jangan sampai berkeliaran di tempat-tempat umum atau mal di daerah ini, guna menghindari semakin mewabahnya virus corona di Sumut.

"Kita harus tetap waspada, jangan sampai terjadi di Sumut seperti kasus di Jakarta, sebanyak 3.830 positif Covid-19 masih berkeliaran di tempat-tempat umum atau mal. Dinkes dan Satgas Covid-19 Sumut perlu melakukan pengawasan secara ketat," ujar Poaradda Nababan kepada wartawan, Selasa (14/9) ketika dihubungi melalui telepon di Medan.

Hal itu disampaikan Poaradda menanggapi pernyataan Menkes RI Budi Gunadi Sadikin yang mengungkapkan fakta mengejutkan, sebanyak 3.830 positif Covid-19 masih berkeliaran di tempat-tempat umum, seperti pusat perbelanjaan atau mal.

Untuk mengantisipasi kasus ini agar tidak sampai terjadi di Sumut, tambah politisi PDI Perjuangan Sumut ini, Dinkes dan Satgas Covid-19 Sumut perlu melakukan kerja-sama dengan pengelola pusat perbelanjaan atau mal di Medan, agar menerapkan aturan kepada setiap pengunjung membawa setifikat vaksin Covid-19.

Begitu juga tempat-tempat keramaian lainnya, seperti objek wisata, transportasi, pabrik/industri agar tetap menggunakan sertifikat vaksin sebagai persyaratan masuk, agar orang yang terinfeksi Covid-19 tidak sampai berkeliaran dan menularkan virus kepada pengunjung lainnya.

Ditambahkan anggota dewan Dapil Labuhan Raya ini, bagi masyarakat yang ingin bepergian atau mengunjungi tempat publik setidaknya sudah memiliki persyaratan atau telah menerima suntikan dosis pertama melalui pembuktian vaksinasi Covid-19 yang ada di aplikasi PeduliLindungi.

"Dalam hal ini Dinkes dan Satgas Covid-19 Sumut harus ekstra ketat mendeteksi orang-orang terinfeksi Covid-19 ini. Jika ada orang yang masuk kategori hitam, tapi masih jalan-jalan atau berkeliaran, segera isolasi karantina, agar kasus baru di Sumut bisa ditekan seminimal mungkin," jelas Poaradda.

Poaradda juga menghimbau seluruh elemen masyarakat atau siapa saja yang merasa dirinya sedang terpapar Covid-19 hendaknya tetap stay di rumah atau melakukan isolasi mandiri. Jangan sampai berkeliaran ke tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan atau mal, guna memutus mata rantai penyebaran virus corona yang terus mewabah di daerah ini.(A4/c).


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com