BI: Ekonomi Sumut Terakselerasi Seiring Pengendalian Covid-19


111 view
BI: Ekonomi Sumut Terakselerasi Seiring Pengendalian Covid-19
(Foto: SIB/Danres Saragih)
MEMBUKA: Plt Kadis Kominfo Sumut Abdul Azis Batubara yang membuka coffee morning di Hotel Swiss Bellinn Medan, Kamis (4/11). 
Medan (SIB)
Provinsi Sumatera Utara terus melakukan upaya pemulihan dan penataan perekonomian ke depan meski dibayang-bayangi risiko pandemi Covid-19. Beberapa cara antara lain pengalokasian dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pemberian stimulus ekonomi seiring dengan penerapan protokol kesehatan, pengaturan PPKM dan vaksinasi untuk mencapai herd immunity.

Berbagai upaya itu diharapkan menjadi fondasi yang diharapkan merangsang pertumbuhan ekonomi ke depan. Lalu bagaimana peluang pertumbuhan ekonomi Sumut di tahun 2022?

Manajer Bagian Ekonomi Moneter Kantor Perwakilan BI Sumut Aegina Siswana Surbakti mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sumut akan terakselerasi pada tahun 2021 seiring dengan pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

"Di triwulan kedua tahun 2021 bertumbuh positif 4,95 persen setelah sebelumnya tumbuh minus 0,17 persen pada tahun 2020. Dan di 2021 ini kita prediksi terakselerasi 2,5 persen sampai 3,3 persen," ujar Aegina.

Aegina menyampaikan itu dalam coffee morning Herd Immunity dan Asumsi Pertumbuhan Ekonomi Sumut Tahun 2022 yang digelar Dinas Komunukasi dan Informatika Sumut di Hotel Swiss Bellinn Medan, Kamis (4/11).

Menurutnya pertumbuhan ekonomi Sumut pada 2022 mendatang juga diasumsikan terakselerasi positif di 3,5 persen sampai 4,5 persen. Ada peluang sektor-sektor ekonomi yang bertumbuh pada 2022 yakni pada pertanian dan kehutanan risiko rendah tapi dampak tinggi.

Kemudian sektor industri pengolahan, konstruksi dan perdagangan besar dan eceran risiko medium dampak tinggi dan sektor jasa keuangan dan asuransi, serta dampak pemerintahan risiko rendah dan dampak rendah.

Sebelumnya Plt Kadis Kominfo Sumut Abdul Azis Batubara yang membuka coffee morning itu menyampaikan pertumbuhan ekonomi Sumut 4,95 persen menunjukkan masih bergeraknya roda perekonomian Sumut di masa pandemi.

Atas capaian pertumbuhan yang positif itu diyakini terjadi juga pertumbuhan yang positif di tahun 2022 mendatang seiring dengan upaya-upaya yang dilakukan Pemprov Sumut, pusat dan seluruh stakeholder terkait.

Namun diharapkan seluruh elemen masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat dan turut serta dalam mensukseskan program vaksinasi di masing-masing kabupaten/kota di Sumut. (A13/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com