BI Berikan Fasilitas QRIS Dukung UMKM di Tebingtinggi

* Plt Sekda: Harus Bersiap Diri untuk Bersaing

175 view
BI Berikan Fasilitas QRIS Dukung UMKM di Tebingtinggi
(Foto harianSIB.com / Japet Arki Bangun)
LEPAS : Plt Sekdako Tebingtinggi Drs Bambang Sudaryono saksikan pelepasan balon yang dilakukan Kepala KPPN Tebingtinggi Mercy Monika R Sitompul tanda dimulainya Deklarasi Kolaborasi Gerakan Dukung UMKM, Jumat (3/3/2023) di Lapangan Merdeka, Jalan Sutomo. 
Tebingtinggi (SIB)
Plt Sekdako Tebingtinggi Drs Bambang Sudaryono mengajak para pelaku UMKM di Tebingtinggi bersiap diri untuk bersaing di era digital dengan memanfaatkan fasilitas yang ada.
"Bank Indonesia telah memberikan fasilitas transaksi dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Pelaku UMKM maupun masyarakat harus beradaptasi dengan bergesernya pembayaran tunai menjadi online," kata Bambang Sudaryono kepada wartawan saat menghadiri acara Deklarasi Kolaborasi Gerakan Dukung UMKM yang diselenggarakan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Tebingtinggi, Jumat (3/3) di Lapangan Merdeka, Jalan Sutomo.
Deklarasi yang diselenggarakan KPPN bekerjasama dengan Pemko, serta bersinergi dengan Bank Indonesia, OJK, Perbankan, turut dihadiri Kepala KPPN Tebingtinggi Mercy Monika R Sitompul, Wakapolres Tebingtinggi Kompol Asrul Robet Sembiring, Kepala BPKPD Sri Imbang Jaya Putra, perwakilan perbankan, dan para undangan.
Lanjut Bambang, Pemko juga mengucapkan terima kasih kepada KPPN dan pihak terkait yang telah mendukung dan mensukseskan Deklarasi tersebut untuk mendukung perkembangan UMKM di Tebingtinggi.
"Kita bangga adanya deklarasi ini, Pemko berterima kasih dan berharap momentum ini menjadi perangsang berkembangnya UMKM di Tebingtinggi dalam menghadapi era digital," tutupnya.
Sementara itu, Kepala KPPN Tebingtinggi Mercy Monika R Sitompul mengatakan acara Deklarasi Kolaborasi Gerakan Dukung UMKM mensosialisasikan kepada pelaku UMKM maupun masyarakat bertransaksi menggunakan QRIS.
"QRIS sebagai standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya," katanya.
Menurutnya, Digitalisasi mempermudah bertransaksi juga akan memiliki daya saing yang tinggi, sehingga perlu disosialisasikan bagi seluruh masyarakat.
"Kita saat bertransaksi tidak perlu lagi membawa uang tunai, dengan kecanggihan digital melalui android dengan aplikasi QRIS sudah bisa melakukan pembayaran," katanya.
Mercy Monika R Sitompul juga mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pembinaan bagi pelaku UMKM, baik dalam hal pemanfaatan QRIS maupun pemodalan dalam usaha.
"Pelaku UMKM akan dibina dan dipermudah dalam permodalan. Hal ini wujud kepedulian pemerintah terhadap para pelaku UMKM yang menjadi tonggak perekonomian," tutupnya. (BR3/a)



Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com