Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H

BI Pematangsiantar Siapkan Rp 2,37 Triliun


160 view
Internet
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Edhi Rahmanto Hidayat saat Konferensi pers, Senin (3/5).
Pematangsiantar (SIB)
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Edhi Rahmanto Hidayat , mengatakan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar menyiapkan uang sebesar Rp 2,37 triliun, yang akan didistribusikan melalui perbankan di seluruh wilayah kerja KPw BI Pematangsiantar di Sisi Batas Labuhan (Pematangsiantar, Simalungun, Batubara, Tanjungbalai, Asahan, Labura, Labuhan Batu dan Labusel). Hal itu dikatakan kepada wartawan Senin (3/5).

Jumlah uang tunai yang dibutuhkan tersebut, meningkat sebesar 19,47 persen dibanding tahun 2020, yang realisasinya sebesar Rp 1,99 triliun.

Uang Rupiah tersebut, akan didistribusikan melalui perbankan , dengan 118 loket layanan penukaran uang di dua puluh bank di seluruh wilayah kerja BI Pematangsiantar. Uang rupiah ,sebesar Rp 1,69 triliun dipersiapkan untuk didistribusikan melalui perbankan di Kota Pematangsiantar dan sekitarnya. Sedangkan alokasi sebesar Rp 688,18 miliar akan dialokasikan di wilayah kabupaten Labuhanbatu dan sekitarnya, melalui kas titipan Bank Indonesia di Rantauprapat ( PT Bank Mandiri (persero) Tbk cabang Ahmad Yani Rantauprapat .

Sementara itu, realisasi sampai 30 April 2021, perbankan telah melakukan penukaran sebesar 68 persen (terdiri dari 51 persen uang pecahan besar dan 86 persen uang pecahan kecil) dari total kebutuhan uang menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Sebagian uang tunai yang diedarkan tersebut merupakan Uang Pecahan Khusus (UPK) Rp 75.000, yang berdasarkan peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 22/11/PBI/2020, tentang pengeluaran dan pengadaan uang Rupiah Khusus Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pecahan 75.000 (Tujuh Puluh Lima Ribu ) Tahun Emisi 2020, merupakan alat pembayaran yang sah diseluruh wilayah NKRI. Untuk itulah, Bank Indonesia, mengimbau masyarakat tidak ragu menggunakan UPK 75 RI, sebagai alat transaksi di dalam negeri. (D3/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:Siapkan
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com