BI Sibolga: Pertumbuhan Ekonomi di Taput Positif


153 view
BI Sibolga: Pertumbuhan Ekonomi di Taput Positif
(Foto Dok/Humas)
PANEN : Bupati Taput, Nikson Nababan bersama Kepala Kantor Perwakilan BI Sibolga, Aswin Kosotali melakukan panen perdana demplot cabai merah Kelompok Tani Berdikari Klaster binaan kantor Perwakilan BI Sibolga dan Pemda Taput di Siborongborong, Jumat (8/10).
Tapanuli Utara (SIB)
Bank Indonesia (BI) perwakilan Sibolga menilai, ditengah pandemi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) tetap positif.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sibolga, Aswin Kosotali menyebut, khusus di Taput pertumbuhan pertanian tertinggi.

"Inilah tugas BI menjaga inflasi. Cabai adalah komoditas yang selalu mempengaruhi inflasi dan itulah mengapa BI bersinergi dengan Pemda Taput," ucap Aswin saat panen perdana demplot cabai merah Kelompok Tani Berdikari Klaster binaan kantor Perwakilan BI Sibolga dan Pemda Taput di Siborongborong, Jumat (8/10).

Menurutnya, selain petani cabai, juga secara khusus petani di Taput sudah harus bisa membuat pupuk sendiri. BI perwakilan Sibolga akan siap mendampingi 2-3 tahun ke depan.

"Yang pasti, potensi di sini bisa kita kembangkan bersama-sama.

Dari visi Bupati Taput saya optimis pertanian Taput akan semakin maju," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Taput, Nikson Nababan dalam sambutannya mengemukakan, sinergitas dengan stakeholders sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi agar perputaran ekonomi stabil bahkan meningkat.

“Kita berharap agar BI perwakilan Sibolga membantu untuk sektor bawang merah yang masih minus. Siborongborong dan Muara misalnya cocok untuk bawang merah," ungkapnya.

Begitu juga katanya, ternak untuk tahun depan agar tidak minus dengan harapan di tahun 2023 kiranya angka di Taput bisa positif juga.

Untuk kelompok tani Berdikari, bupati mengucapkan selamat dan tetap semangat bertani dan bekerja. "Semoga masukan saya ke Pemerintah Pusat, bahwa cita-cita Indonesia jangan hanya di ketahanan pangan tapi juga di kedaulatan pangan, tentu harus ada gerakan revolusioner tentang reforma agraria, ujarnya. (BR6/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com