BKUK Tanjungbalai: Perayaan Nataru Harus Ikuti Prokes


190 view
BKUK Tanjungbalai: Perayaan Nataru  Harus Ikuti Prokes
MI/Pius Erlangga
Ilustrasi perayaan tahun baru
Tanjungbalai (SIB)
Badan Kerjasama Umat Kristiani (BKUK) Tanjungbalai mengajak seluruh jemaat agar perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) harus mengikuti protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Hal itu disampaikan Sekretaris Umum BKUK, St Drs Robinhot Silaen, Rabu (23/12) saat diwawancarai SIB di kantornya.

Dikatakannya, sebelumnya BKUK telah menyampaikan pesan terkait adaptasi kebiasaan baru dalam menghadapi pandemi Covid-19. Hal itu berkaitan dengan pelaksanaan ibadah Natal dan Tahun Baru 2021.

"Harus menjadi perhatian bersama, agar selama kegiatan Nataru tidak terjadi klaster baru Covid-19. Untuk itu, kami berharap agar tetap mengutamakan kegiatan pelayanan yang mengedepankan protokol kesehatan," kata Silaen.

Menurutnya, jika Natal dilakukan di gereja atau ditempat lain, maka harus mempertimbangkan jumlah peserta yang berkumpul, yakni maksimal 50 % dari kapasitas gedung yang disiapkan untuk tempat duduk. "Pesan kita agar tetap menjaga jarak, memakai masker dan menyiapkan tempat cuci tangan, serta mengukur suhu tubuh," ucapnya.

St Drs Robinhot Silaen juga mengajak para pimpinan gereja agar berkoordinasi dengan gugus tugas atau pihak kepolisian setempat, terkait pelaksanaan Natal di gereja nya masing-masing. Termasuk dalam kegiatan di gereja agar dilakukan pengawasan terhadap orang yang tidak dikenal masuk ke dalam gereja.

"Intinya perlu dilakukan pengawasan ekstra di lingkungan gereja, serta berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Doa kita bersama agar perayaan Natal tahun ini berlangsung dengan suka cita. Dan mudah mudahan wabah Covid-19 ini segera berakhir, Amin," ujarnya. (A09/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com