BNNP Sumut Amankan Pengedar dan Puluhan Mahasiswa Pengguna Ganja di USU


196 view
BNNP Sumut Amankan Pengedar dan Puluhan Mahasiswa Pengguna Ganja di USU
(Foto: SIB/Roy Marisi Simorangkir)
HASIL RAZIA:  Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Toga Habinsaran Panjaitan (dua dari kiri), didampingi pihak Rektorat USU menunjukkan tiga pelaku penyalahgunaan narkotika bersama puluhan orang dan barang bukti yang diamankan dalam razia di Fakultas Ilmu Budaya USU, di Kantor BNNP Sumut, Senin (11/10/2021). 
Medan (harianSIB.com)
Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut merazia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (USU), Sabtu (9/10/2021), sekira pukul 23.00 WIB. Selain mengamankan pelaku JHS (28), yang merupakan pengedar narkotika jenis ganja di lingkungan USU, petugas juga menjaring 47 orang dalam razia itu.

Kepada wartawan termasuk jurnalis Koran SIB Roy Marisi Simorangkir, di Kantor BNNP Sumut Jalan William Iskandar Medan, Senin (11/10/2021), Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Toga Habinsaran Panjaitan mengatakan, pengungkapan praktik penyalahgunaan narkotika jenis ganja itu dilakukan berkat kerja sama dengan pihak Rektorat USU.

Dikatakannha, hasil tes urin 31 orang yang terjaring dalam razia itu positif narkotika jenis ganja. Dari jumlah itu, diketahui 14 di antaranya berstatus mahasiswa USU, 6 orang alumni USU dan 11 lainnya masyarakat sekitar.

"Setelah dilakukan penggeledahan, ditemukan barang bukti 508,6 gram ganja kering. 265 gram di antaranya milik tersangka JHS yang merupakan alumni Fakultas Ilmu Budaya USU. Sebagian besar di antaranya sudah dibungkus dalam plastik kecil siap edar. Sementara 243,6 gram lainnya tak bertuan," katanya.

Berdasarkan keterangan JHS yang mengaku mendapat ganja tersebut dari tersangka DM (23), petugas lalu melakukan pengembangan dan mengamankan DM bersama temannya FAY (21) di Jalan Cemara Ujung, Kelurahan Jati, Kecamatan Medan Kota.

Ditegaskan, terhadap ketiga tersangka dijerat Paaal 114 ayat (1), Pasal 111 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-undang No35 tahun 2009 tentang tindak pidana narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling lama 20 tahun. Diakui, pihaknya akan memberlakukan rehabilitasi terhadap ke-31 orang yang urinnya positif narkotika jenis ganja saat diamankan. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com