BNNP Sumut Musnahkan 92 Kg Sabu dan 62.410 Butir Pil Ekstasi


71 view
Foto harianSIB.com/Roy Damanik
MUSNAHKAN NARKOBA: Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Atrial SH memusnahkan narkoba dengan cara dibakar ke dalam mesin Incenerator, di Kantor BNNP, Kamis (10/6/2021).
Medan (harianSIB.com)

Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumut (BNNP Sumut) memusnahkan barang bukti 92 Kg Sabu dan 62.410 butir Pil Ekstasi dengan cara dibakar di mesin Incenerator, di Kantor BNNP, Kamis (10/6/2021).

Pemusnahan itu dipimpin Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Atrial SH didampingi Kabid Pemberantasan Narkoba Kombes Pol Sempana Sitepu. Turut hadir Asintel Dan Lantamal I Kolonel Evan didampingi Danden Pol AL Letkol Rudy, perwakilan dari Kejatisu, Poldasu dan Tim Labfor BNNK Deliserdang dan 6 tersangka narkoba.

Pantauan jurnalis Koran SIB Roy Damanik, sebelum pemusnahan, Tim Labfor melakukan uji coba terhadap sabu dan pil ekstasi yang dicampur dengan cairan kimia. Setelah bercampur, narkoba berubah warna menjadi merah kehitaman. Selanjutnya Tim Labfor menyatakan narkoba itu asli. Setelah itu seluruh narkoba dimusnahkan dengan cara dibakar di mesin Incenerator.

Di sela-sela pemusnahan, Kepala BNNP Sumut Brigjen Atrial mengatakan, pantai timur Sumatera sangat panjang serta banyaknya pelabuhan-pelabuhan kecil yang kerap dimanfaatkan untuk masuknya narkotika.

"Barang bukti yang diamankan itu terdiri dari 3 kasus dan termasuk besar di tahun ini. Dari tiga kasus ini ada enam tersangka," ujarnya.

Barang bukti 2 Kg sabu yang diamankan sambungnya, disita dari dua tersangka berinisial Ar alias Nanang (44) warga Medan Tuntungan dan Ris (26) warga Tanjungbalai. Kedua tersangka membawa 2 Kg sabu dari Tanjungbalai menuju Medan.

"Ketika sampai di Tebingtinggi kedua tersangka kita tangkap. Lalu dikembangkan dan berhasil menangkap satu tersangka lagi di Tanjungbalai berinisial An alias Andi (36) warga Asahan," ungkapnya.

Lanjut Brigjen Atrial, kasus lainnya dengan 2 tersangka berinisial HS (34) dan Kh alias Khoir (32) warga Asahan. Dari kedua tersangka disita barang bukti 90 Kg sabu dan 62 ribu butir lebih pil ekstasi yang dikemas dalam enam karung.

"Kedua tersangka ini menggunakan kapal masuk ke perairan Tanjungbalai, Asahan. Personil Lanal Tanjungbalai menghentikan kapal tanpa identitas. Saat digeledah ditemukan barang bukti 90 Kg sabu dan ribuan butir pil ekstasi. Tersangka berikut barang bukti kemudian diserahkan ke BNNP Sumut guna diproses," terangnya.

Dan terakhir sebut Kepala BNN, tersangka ES alias Eni (46) warga Kecamatan Medan Tuntungan. Dari tersangka disita barang bukti 83 gram sabu. Selama ini warga sudah sangat resah dengan tersangka karena yang bersangkutan menjual sabu seperti menjual permen di rumahnya.

"Para tersangka terancam Pasal 114 Ayat 2, Pasal 112 Ayat 2 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman minimal 6 tahun penjara dan maksimal hukuman mati," tegasny sembari menambahkan jumlah anak bangsa yang terselamatkan dari peredaran sabu sebanyak 742.872,4 orang dan ekstasi 62.410 orang.(*)

Editor
: Robert/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com