BPJS Kesehatan di Simalungun Diminta Umumkan Kartu Peserta yang Nonaktif


129 view
BPJS Kesehatan di Simalungun Diminta Umumkan Kartu Peserta yang Nonaktif
Foto: Ist/harianSIB.com
Junita Veronika Munthe.

Simalungun (SIB)

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kabupaten Simalungun diminta mengumumkan peserta BPJS Kesehatan yang kartunya nonaktif, khususnya peserta BPJS yang dibiayai dari APBN dan APBD. Hal tersebut dikatakan anggota DPRD Simalungun Junita Veronika Munthe, Senin (16/5).


"Kita minta diumumkan ya, karena banyak warga yang tidak mengetahui bahwa BPJS mereka non aktif, sehingga terkendala ketika berobat ke rumah sakit," ucapnya.


Dia mengatakan demikian, lantaran banyak menerima keluhan dari masyarakat soal peserta BPJS Kesehatan ketika hendak berobat atau rawat inap di rumah sakit tidak dilayani, karena kartunya nonaktif.


"Warga sudah banyak mengeluhkan hal ini, karena tidak ada pemberitahuan langsung kepada mereka, khususnya peserta BPJS yang dibiayai dari APBN dan APBD, sehingga saat berobat ke rumah sakit tidak dilayani," katanya.


Karena itu, Veronika meminta kepada BPJS, Pemda melalui Dinas Kesehatan dan Pangulu untuk menyampaikan ke masyarakat yang kartu KIS sudah tidak aktif lagi, baik yang dari APBN maupun APBD, agar warga mengetahui status kartunya.


Dia juga menyarankan, agar setiap warga yang memiliki kartu KIS yang dibiayai APBN maupun APBD agar dapat mencek keaktifan kartunya ke Puskesmas terdekat.


"Tentu, pihak BPJS bekerja-sama dengan Dinas Kesehatan Simalungun agar menyerahkan data-datanya ke Puskesmas dimana peserta tersebut terdaftar, agar warga bisa melakukan pengecekan ke Puskesmas," harapnya. (D5/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com