Balon Kades Minta Bupati Dairi Batalkan Tahapan Penjaringan Kepala Desa PAW di Desa Pegagan Julu III

* Kepala Dispemdes: Penjaringan Lebih Mengedepankan Musyawarah Desa

296 view
Balon Kades Minta Bupati Dairi Batalkan Tahapan Penjaringan Kepala Desa PAW di Desa Pegagan Julu III
Foto/SIB Tulus Tarihoran
BATALKAN TAHAPAN: Salah satu Balon Kades, Haposan Siboro meminta P2KD PAW Desa Pegagan Julu III, Kecamatan Sumbul, Dairi batalkan seluruh tahapan pemilihan kepala desa.
Sidikalang (SIB)
Bakal calon (balon) kepala desa minta Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Pegagan Julu III, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi membatalkan semua tahapan pemilihan kepala desa.

Salah satu peserta penjaringan Kades PAW/ Balon, Haposan Siboro (59) warga Dusun III Lancang, Jumat (30/4) mengatakan, permintaan pembatalan tahapan penjaringan kepala desa pergantian antar waktu, karena sejak awal P2KD, sudah tiga kali mengganti tahapan penyelenggaraan pemilihan. Terakhir, tahapan yang baru diumumkan pada, Kamis (29/4).

Perubahan tahapan dilakukan P2KD, pasca pengumuman hasil seleksi berkas yang meluluskan 7 orang balon Kades. P2KD merubah tahapan, tanpa melalui SK.

Pengumuman lulus seleksi berkas telah dilakukan, Rabu (28/4). Karena jumlah calon lebih dari 3 orang, Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, menerbitkan SK Nomor 454/140/IV/2021 tentang Seleksi Tambahan Pada Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu.

Menurutnya, harus ada SK perubahan tahapan dulu, baru diterbitkan tahapan yang baru sesuai terbitnya SK Bupati untuk seleksi tambahan. Haposan menyebutkan, pada tahapan baru tersebut panitia akan menggelar seleksi tambahan dengan ujian tertulis, Senin (3/5).

Atas kesemrawutan P2KD, Haposan Kepala Desa Pegagan Julu III Periode 2005-2011 itu, meminta Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispemdes) membatalkan semua tahapan dilakukan P2KD serta menunda pelaksanaan pemilihan menunggu ada aturan yang jelas sesuai ketentuan yang berlaku.

Ketua P2KD Pegagan Julu III, Rizal Purba ditemui di Kantor Kepala Desa, Jumat (30/4) tidak berada ditempat. Anggota P2KD, Toga Sinurat dikonfirmasi mengatakan, Ketua P2KD sedang mengantar undangan ke Tigabaru.

Diakuinya, ada perubahan tahapan karena ada 7 orang balon lulus seleksi berkas, sehingga harus dilakukan seleksi tambahan untuk penetapan 3 calon sesuai SK Bupati Dairi. Toga mengaku, pada tahapan pertama panitia tidak terpikir, baka calonl akan lebih dari 3 orang.

Sementara itu, Kadispemdes Dairi, Junihardi Siregar melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Rahmat Syah Munthe, Sabtu (1/5) menerangkan, pelaksanaan pemilihan Kades PAW dilaksanakan sesuai ketentuan diatur pada Perda nomor 7 Tahun 2019 tentang perubahan atas Perda nomor 2 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Pemilihan Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) lebih mengedepankan musyawarah desa. Namun, dalam ketentuan tersebut pelaksanaan PAW diselenggarakan oleh panitia pemilihan yang diangkat oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dengan tugas melakukan penjaringan dan penyaringan.

Katanya, P2KD Pegagan Julu III sudah melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai tahapan yang ada. Hanya saja, karena didalam ketentuan bakal calon kepala desa yang akan dipilih melalui musyawarah desa paling banyak 3 orang, sementara yang sudah menyampaikan berkas pendaftaran sebanyak 7 orang.

Jadi perlu dilakukan seleksi tambahan yang pada akhirnya menghasilkan 3 calon Kades PAW. Dalam ketentuan tersebut, diatur bahwa dalam melakukan seleksi tambahan ada persyaratan lain yang ditetapkan Bupati untuk menjadi acuan bagi P2KD dalam menghasilkan 3 orang calon kepala desa yang akan dipilih.

Disebutkan, bahwa Dispemdes tetap senantiasa melakukan fasilitas terhadap pemerintah desa maupun lembaga lainnya yang ada di desa. Karena muara dari semua pemilihan Kades adalah menghasilkan kepala desa yang didukung segenap pihak yang ada di desa.

Pihaknya juga meminta Penjabat Kepala Desa dan Camat, dapat memfasilitasi pemilihan Kades PAW dan menjadi pengayom bagi seluruh peserta. (B3/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com