Bamsoet: PPHN Perlu Dirumuskan untuk Menjamin Kesinambungan Pembangunan Nasional


120 view
Bamsoet: PPHN Perlu Dirumuskan untuk Menjamin Kesinambungan Pembangunan Nasional
Foto Dok
Bambang Soesatyo
Jakarta (harianSIB.Com)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai dinamika kehidupan akhir-akhir ini telah menghadirkan diskursus publik mengenai urgensi dihadirkannya Pokok Pokok Haluan Negara (PPHN) sebagai pedoman penyelenggaraan pembangunan.

“PPHN perlu dirumuskan untuk menjamin kesinambungan pembangunan nasional, mewujudkan keselarasan dan sinergi pembangunan pusat dan daerah,” kata Bambang Soesatyo dalam Fokus Group Discussion ( FGD) dengan tema "Merevitalisasi Lembaga MPR RI", Senin (4/10/21), di Media Centre Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, sebagaimana dilaporkan jurnalis Koran SIB Jamida P Habeahan.

Bamsoet mengatakan, PPHN perlu dirumuskan menghindari potensi pemborosan atau in-efisiensi pengelolaan anggaran negara yang disebabkan adanya perbedaan orientasi dan prioritas pembangunan.

Menurutnya, kehadiran PPHN meniscayakan visi kebangsaan sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan UUD NRI 1945, adalah sesuatu yang harus diperjuangkan dan sarana untuk memperjuangkannya adalah melalui pembangunan.

Sebab, kata dia, hakikat pembangunan adalah proses kolektif menuju kemajuan yang membutuhkan pedoman atau haluan, agar seluruh pemangku kepentingan punya persepsi dan perspektif yang sama.

Kesamaaan pandangan ini sangat penting, mengingat Indonesia memiliki tingkat heterogenitas yang luar biasa dari berbagai sudut pandang termasuk di dalamnya pandangan politik.

"Dengan segala capaian yang telah kita raih selama ini, kita perlu menyadari usaha pembangunan sungguh merupakan perjalanan panjang dan terjal,” kata Bamsoet.

Ia menambahkan, dalam melintasi medan pembangunan yang panjang dan terjal tersebut, perlu menjaga kesinambungan pembangunan berlandaskan visi konstitusi, yang memberi prinsip dan haluan direktif berjangka panjang tanpa harus kehilangan fleksibilitas untuk dapat merespon ancaman dan perkembangan yang terus berubah. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com